PLASTIK

Mendengar kata “plastik” sudah pasti tidak akan asing lagi ditelinga kita. Sepertinya mahluk yang satu ini sudah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kita. Kemasan-kemasan ataupun barang-barang pasti menggunakan bahan ini dengan formulasi dan bentuknya yang berbeda-beda. Herannya, kok untuk bedah kecantikan disebut operasi plastik?. Padahal bahannya sangat jauh berbeda. Masa sih operasi hidung pake plastik ‘keresek’ misalnya ya?😦

parecidos_razonables_michael_jackson

Omong-omong tentang plastik, seorang teman mengirimkan email yang berisi tentang plastik ini.  Mengingatkan kita untuk berhati-hati karena ternyata pengolahannya memakai bahan-bahan kimiawi yang berbahaya bagi manusia dan lingkungan.
Berikut infonya :

1. PETE atau PET (Polythylene Terephthalate)

plastic-recycling-symbols-1-lg
Simbol ini biasa terdapat pada botol plastik transparan seperti pada kemasan air mineral atau minuman yang siap untuk diminum. JANGAN PERNAH mengisi ulang botol dengan simbol seperti ini, apalagi dengan air panas. Hal ini dapat mengakibatkan lapisan polimer pada botol tersebut meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang bisa memicu penyakit kanker.

2. HDPE (High Density Polythylene)

plastic-recycling-symbols-2-lg
Simbol ini terdapat pada botol yang berwarna putih susu. Juga biasa digunakan untuk air minuman galon, kursi plastik, atau kemasan susu jika pada makanan. Botol ini juga hanya boleh untuk sekali pakai saja.

3. V atau PVC (Polyvinyl Chloride)
plastic-recycling-symbols-3-lg

Plastik yang memiliki simbol ini, menandakan plastik yang sulit untuk didaur ulang, seperti plastik pembungkus atau pada botol-botol. Kandungan plastik ini bisa lumer dan bercampur ke dalam makanan pada suhu -15 derajat Celcius. Akibatnya berbahaya, bisa menyebabkan kerusakan hati dan ginjal.

4. LDPE (Low Density Polythylene)
plastic-recycling-symbols-4-lg

Plastik dengan simbol ini biasanya digunakan untuk makanan, plastik kemasan, dan teksturnya terasa lembek atau lentur. Plastik pembungkus makanan atau botol dengan kode ini cukup aman digunakan. Sayangnya, plastik ini hampir tidak dapat dihancurkan.

5. PP (Polypropylene)
plastic-recycling-symbols-5-lg

Plastik yang bernomor 5 dan memiliki simbol PP ini termasuk yang aman dipakai membungkus makanan atau minuman. Biasanya plastik ini digunakan untuk tempat makanan dan botol minum bayi. Plsatiknya berwarna transparan, bening, dan tembus pandang. Kalau ingin mengisi ulang botol plastik sangat tidak salah untuk mencari plastik dengan nomor 5 di tengah simbol recycle dan bertuliskan PP.

6. PS (Polystyrene)
plastic-recycling-symbols-6-lg

Kemasan plastik yang bersimbol PS ini contohnya adalah kemasan stereofoam, yang biasa dipakai untuk wadah makanan atau minuman sekali pakai. Bahan ini bisa bercampur dengan makanan, saat makanan panas diisikan ke dalam wadah ini, bahan styrine ini bisa berbahaya untuk otak dan sistem saraf.

7. OTHER atau biasanya Polycarbonate
plastic-recycling-symbols-7-lg

Kode tujuh ini biasanya ada 4 macam.

1. SAN (styrene acrylonitrile)
2. ABS (acrylanitrile butadiene styrene)
3. PC (polycarbonate)
4. Nilon

Plastik ini biasa digunakan untuk tempat makanan dan minuman, alat-alat rumah tangga, komputer, dan lainnya. Plastik dengan kode 7 SAN dan ABS ini baik dan aman digunakan untuk makanan atau minuman. Hanya saja, untuk kode PC sebaiknya tidak digunakan untuk makanan dan minuman karena bisa mengeluarkan zat yang berbahaya

Tq u Herryk🙂 http://blog.sigma.web.id

About Rudi Kurniawan

Knowledge is power, but character is more.
This entry was posted in Lain-lain. Bookmark the permalink.

6 Responses to PLASTIK

  1. babeh says:

    weh, keren info na euy…….., kudu dikopa ieu mah……, tapai apa hybungannya dengan si MIKAEL? oooo ya ya…. si mikael kan beungeutna pelastik hungkuuuuuuulll, hiiiiiiiiii

  2. rudem says:

    Enya Beh… Palatik teh bahayana seueur geuningan nya. si Mikael mah teuing tah…resep-resep teuing nya ngarombak pamenteu teh. Mun didieu mah bingung meureun nya kelurahan teh da foto-na beda wae.😀

  3. Syifa says:

    wuaduh, komennya pada pake Sunda, ga ngerti saya maksudnya. Sepertinya pak Rudi suka sekali ngedit gambar/desain grafis ya…. tulisannya jadi super keren berkat ilustrasinya.

  4. rudi says:

    @ Syifa, Trims ya dah berkunjung ke blognya urang Sunda. He..he… maaf terkadang kebiasaan orang sundanya suka kebawa-bawa. Ya..walau latar belakang saya bukan orang grafis, tapi saya suka dan belajar dengan lingkungan orang-orang designer seperti mbak Syifa. Kebetulan ditugasi mata kuliah dasar-dasar design. Jadinya belajar deh. Ok. Salam u Semua ya.

  5. Lusiana says:

    wah bagus t info nya……..
    coz masih banyak masyarakat d luar sana yg masih lom tw ttg plastik mn yg boleh d isi ulang ma yg cm sekali pake…..^^

  6. Rudi says:

    @Lusiana. Sama-sama mbak. Eh..omong-omong blognya mana?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s