Hamster – Hamtaro

hamster_helpBanyak cara untuk sekedar melupakan kesibukan dan kepenatan kerja.  Kata teman saya -p. Asep- mah jangan sampai S3 – Sterss, Stroke lalu Selesai.  😀   Jadinya, ada yang mancing, hiking, ngurusin burungnya (eh..?), nguras akuarium, nyiramin tanaman, nulis, nonton, ngelamun, tidur atau barangkali bunuh diri. Hiii..  :( ,  pokoknya dll deh. Buat saya sih, enjoy aja seharian di halaman belakang sama si kecil ngurusin Hamster. Ibunya mah biarin aja sibuk masak. Kebiasaan ini sudah berlangsung sejak tahun 2007, sewaktu anak saya yang paling besar meminta dibelikan binatang peliharaan. Mulai dari ikan, kelinci, burung, kura-kura dan terakhir Hamster. Sepertinya yang berhasil cuman yang terakhir ini. Yang lainnya berhenti di tengah jalan karena kebanyakan mati. 

Memelihara binatang memang membutuhkan kesabaran dan teknik tersendiri. Saya sendiri sangat suka dengan Hamster – anak saya malah terinspirasi dengan film kartun Jepang Hamtaro-, karena binatang tersebut sangat lucu dan menurut saya perawatannya cukup mudah. Terbukti dari sepasang Hamster jenis mini (Jenis Roborovski Hamster, Lt. Phodopus roborovskii) yang saya miliki, sekarang sudah beranak pinak. Sudah dua Generasi. Yang pertama melahirkan lima ekor, dan sekarang empat ekor. Harga beli dulu sepasang hanya 40 ribu. Kalau anaknya yang berumur 4 minggu kalo dijual laku lah 5 ribu di tukang tampungnya. Kalau Toko jualnya 10rb-15rb.

Ngasih makannya selain biji-bijian yang bisa dibeli di toko makanan burung – ngeracik sendiri soalnya beli yang import mahal juga- seminggu sekali diberi sayuran. Wortel, Toge, Daun Singkong, Jagung, Bayam mau juga tuh. Cuman saya menghindari memberi kangkung. Ga tahu tuh kalau diberi kangkung sarangnya cepat kotor. Kebanyakan pipisnya. Untuk kebutuhan protein, kadang bisa juga diberi serangga (jangkrik) atau cacing. Wah lahap juga mereka. Gemuk-gemuk jadinya. Tapi harus dijaga juga jangan sampai obesitas. Bisa menyebabkan kematian atau mandul. Mungkin ini penyebabnya bagi pasangan Hamster jenis Syrian/ Golden – besarnya segede kepalan tangan orang dewasa – jadi ga mau beranak. Emang gemuk-gemuk, tapi ga hamil-hamil tuh.😦 Sekarang Hamster peliharaan saya, dari total 25 ekor yang masih idup berjumlah 13 ekor. Mau coba pelihara juga? Asyik tuh… :-) 

hamtaro_02

 

 

 

hamtaro-20080729143012

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
 

 

 

 

 

 

 

Dari literatur, saya dapatkan informasi mengenai hamster seperti di bawah ini :

JENIS HAMSTER

 


hamster_syrian

 

 

 

 

 

Syrian Hamster (Golden Hamster)

Nama Latin:Mesocricetus auratus
Ukuran: 10-18 cm
Berat: 130-210g

 

chinese_hamster1 Chinese Hamster

Nama Latin:Cricetulus griseus
Ukuran 9-12 cm
Berat 26-38 g

campbellCampbell Hamster

Nama Latin:Phodopus campbelli
Ukuran 8-10 cm
Berat 30-45 g

roborovski

 

 

 

 

Roborovski Hamster 
Nama Latin:Phodopus roborovskii
Ukuran 5-7cm
Berat 15-26g

 

jungarian Djungarian Hamster

Nama Latin: Phodopus sungorus
Ukuran: 7-10 cm
Berat: 125-40g

 

 

HAMSTERKU JANTAN atau BETINA?

 


sexingdwarfhamstergraphic-793147

 

 

 

 

 

 

 

 

 jeniskelamin

 

 

 

 

MAKANAN HAMSTER

 


Hamster termasuk hewan pengerat, mereka akan makan makanan yang apa mereka temui – apa lagi yang manis-manis tanpa pikir panjang lagi. Mereka tidak berpikir apa makanan itu berbahaya atau tidak bagi mereka. Jika anda memberi makanan apa saja yang mereka makan, mereka dapat menjadi gemuk, dan sering kali dapat membuat mereka sakit. Anda harus memperhatikan naluri mereka yang menyembunyikan makanan mereka di sarangnya. Ada beberapa makanan di tampungan mereka yang telah menjadi busuk dan dapat menimbulkan masalah.Karena itu untuk menjadi pemelihara yang baik anda juga perlu menjadi pakar gizi mereka yang baik untuk hamster anda.

 

Hamster suka biji bunga matahari seperti hewan pengerat lainnya. Kadang-kadang biji ini sering dinyatakan sebagai sumber nutrisi utama tetapi itu tidak benar. Di lingkungan alam liarnya, biji-matahari memang sumber nutrisi penting dan dapat dimengerti mereka tergila-gila akan biji matahari ini. Tetapi untuk hamster, biji matahari adalah makanan terlalu berlemak untuk dimakan setiap hari. Jika anda memberi makan biji matahari di kandang hamster anda, ini akan membuat hamster anda cepat gemuk. Kegemukan juga tidak baik untuk hamster. Anda sebaiknya memberi biji matahari sebagai hadiah/traktiran. Jumlah maksimum harian adalah antara 3 sampai 5 biji. Cara ini juga dapat membantu anda menjinakan atau berteman baik dengan hamster dengan cepat. Dengan memberi makan biji matahari dengan tangan, hamster anda akan mengakui anda sebagai pemelihara yang baik.

Selain biji-bjian atau kacang, anda dapat memberi makan hamster anda dengan sayuran seperti cabbage dan sayuran lainnya. Mereka suka sekali. Sayuran tidak membuat mereka gemuk. Anda tidak perlu membeli sayuran hanya untuk hamster karena mereka tidak makan banyak. Anda dapat menyisakan sedikit pada saat menyediakan makan untuk keluarga anda. Contohnya waktu anda membuat salad kol, anda dapat memberi kol tengahnya untuk hamster anda. Oh, ya beberapa sumber mengatakan bahwa selada(lettuce) membahayakan untuk kesehatan hamster.  Kami kurang yakin tentang itu tetapi anda bisa hindari. Anda harus memperhatikan hamster anda akan nalurinya dalam menyimpan makananya di sarangnya. Mereka menyimpan apa saja di sarang mereka, tetapi mereka tidak memilah/membersihkan, mereka juga tidak menyadari sayuran telah rusak/membusuk cepat. Jadi jagalah kebersihan kandang hamster anda, buanglah sayuran lama yang disimpannya secara teratur. Sayuran yang busuk atar berjamur akan membahayakan hamster anda.

Sayuran herb yang kuat seperti bawang putih, daun bawang atau seledri dapat menjadi racun bagi hamster yang kecil. Walaupun sayuran ini baik untuk manusia, daun rasa kuat dapat membahayakan kesehatan hamster. Hindarilah seledri, bawang putih, bawang merah. Hamster makan apa saja tanpa pamrih, hanya anda yang dapat melindunginya dari keracunan makanan. Anda juga harus menyadari bahwa campuran salad pack yang dijual di supermarket. Kadangkala campuran salad pak mungkin bisa berisi sayuran itu. Anda sebaiknya memberi makan hamster dari sayuran sendiri. Stimulan lainnya seperti coklat juga dapat membahayakan kesehatan hamster. Jagalah anak anak anda untuk tidak memberi makanan cemilan/snak mereka kepada hamster. Karena hamster anda dapat berakhir dengan tragis.

Gigi hewan pengerat tidak pernah berhenti tumbuh. Oleh sebab itu mereka harus menggigit sesuatu yang keras terus menerus. Untuk alasan inilah anda harus memberi mereka sesuatu untuk mereka gigit. Sayuran terlalu lunak untuk ini, anda dapat memberi pelet yang keras atau sepotong kayu. Makan formulasi cocok untuk tujuan ini, silahkan anda cek di petshop disekitar anda. Biasanya makanan hamster didesain sekeras mungkin untuk memangkas gigi mereka. Sepotong kayu juga berfungsi sama dalam upaya perawatan gigi, tetapi makanan hamster juga bekerja sebagai suplemen dan lebih dapat dinikmati oleh hamster. Kadang-kadang formulated makanan tidak sesuai dengan selera hamster, maka jangan beli terlalu banyak. Beli sedikit dahulu dan lihat apakah hamster menyukai itu atau tidak.

Hamster juga menyukai buah-buahan. Anda dapat memberi makan  seperti buah beri atau sepotong apel ke hamster, mereka pasti senang sekali. Aturan dasarnya adalah mild buah cocok untuk bayi juga baik untuk hamster. Buah-buah juga seperti sayuran dapat menjadi busuk dengan cepat, anda harus ingat itu. Jika buah-buahan telah menjadi busuk atau berjamur, buah busuk itu dapat membahayakan tidak saja bagi hamster tetapi juga pemelihara. Jika hamster telah meninggalkan buah yang anda berikan, anda harus angkat dan buang sisanya dari kandangnya. Jangan biarkan sisanya membusuk di dalam kandang.

KESEHATAN HAMSTER

 


oleh Wendy Barry   

 

Ada lima jenis hamster yang tersedia sebagai hewan peliharaan. Memang beberapa diantaranya memiliki masalah kesehatan yang berhubungan dengan jenisnya sendiri, tetapi dibawah ini membahas daftar pemeriksaan umum yang cocok untuk semua jenis.

Hamster adalah bagian dari grup mamalia yang disebut roden. Salah satu keunikan roden adalah gigi yang terus menerus tumbuh. Gigi hamster harus sering diperiksa seminggu untuk memastikan giginya terkikis dengan benar dan tidak menjadi terlalu panjang. Memberi sesuatu yang keras untuk hamster anda setiap minggu akan membantu giginya terkikis secara alami, Jika gigi hamster anda tumbuh terlalu panjang.

Periksa hidung hamster anda setiap hari. Hidung basah atau meler menandakan pilek. Hamster sangat mudah  terserang pilek atau flu dari manusia.

Hidung meler atau bersin juga dapat menandakan alergi. Beberapa hamster bisa iritasi oleh debu dari serbuk kayu atau bau yang menyengat yang ditemukan bahan alas/bedding.

Pengamatan setiap hari sebaiknya juga ditujukan ke mata hamster anda. Hamster mudah sekali kena serpihan serbuk kayu ke matanya pada saat menggali lubang, jika mata hamster anda kelihatan basah maka periksalah benda asing di matanya.

Beberapa jenis hamster mudah terkena penyakit mata yang dikenal sebagai “Glaukoma”. Mata yang terkena glaukoma akan membengkak dan dipenuhi oleh cairan. Ini sangat menyakitkan bagi hamster anda.

Beberapa hamster akan develop katarak di masa tuanya. Sering kali kondisi ini ditandai lingkaran kebiruan di tengah matanya.

Juga perlu diingat bahwa penglihatan hamster sangat buruk, mereka hanya dapat melihat jarak dekat.

Pengecekan kulit dan bulu secara teratur juga baik. Perubahan pada kulit dapat menandakan masalah kesehatan yang ada pada hamster anda.

Hamster tua akan mengalami bulu menjadi tipis dan beberapa kerontokan bulu ini adalah bagian dari prose alami penuaan. Tetapi jika hamster muda memperlihatkan tanda-tanda ini maka harus dicari penyebabnya.

Dua penyebab umum akan hilangnya bulu adalah kutu dan alergi.

Hamster yang menderita karena kutu sering kali menggaruk-garuk pada kulitnya yang menyebabkan sakit, kulitnya pun menjadi terlihat seperti berketombean. Penyebab lainnya masalah kulit dan/atau kehilangan bulu ini adalah penyakit ginjal, penyakit cushing dsb. Jika hamster anda memperlihatkan masalah kulit maka periksakan hamster anda ke dokter hewan.

Jika anda memiliki jenis hamster dwarf yang hidup dengan lainnya maka anda sebaiknya mengecek secara teratur untuk luka atau gigitan. Sering pertengkaran terjadi diantara hamster dan salah satu atau lebih akan terkena gigitan. Gigitan kecil akan pulih secara alami tetapi untuk luka yang serius dibutuhkan perawatan dokter hewan.

Kuku hamster seharusnya diperiksa setiap minggu. Kuku dibeberapa hamster dapat tumbuh cepat sekali dan perlu digunting secara diatur jika sudah terlalu panjang. Penggunting kuku dapat dilakukan dengan gunting kecil.

Bagian pantat hamster sebaiknya diperiksa setiap hari. Jika hamster anda memperlihatkan tanda-tanda diare, anda harus periksa penyebabnya. Hamster yang masih muda yang baru saja dibeli kadang kadang dapat mengalami stres yang berhubungan dengan diare. Diare juga dapat pertanda pemberian makanan buah-buahan dan sayur-sayuran yang berlebihan, khususnya jika hamster anda belum terbiasa dengan makanan basah. Jika begitu maka hentikan pemberian makanan hijau basah sampai perut hamster anda baik, dan mulai beri lagi secara bertahap.

Kondisi serius lainnya yang menyebabkan hamster anda diare adalah kondisi yang dinamakan “wet tail” atau “ekor basah”. Ini terjadi karena tidak seimbangnya bakteria dalam perut atau infeksi yang sering berhubungan dengan kontaminasi oleh kuman e.coli. Hamster yang mendeirta wet tail akan mengeluarkan bau yang tidak enak yang berhubungan dengan diare. Segeralah bawa ke dokter hewan.

Jika hamster betina anda memberi tanda- tanda sesuatu yang keluar dari vulvanya maka tanda-tanda ini adalah masalah rahim atau masalah ovari. Sayangnya, kondisi seperti Pyometera ini umum ditemui pada hamster betina tua. Pyometra adalah kondisi rahim dimana rahim dipenuhi oleh nanah karena infeksi. Periksalah ke dokter hewan.

Juga bermanfaat untuk memperhatikan jumlah air seni yang hamster anda hasilkan dan jumlah air yang diminum.

Salah satu jenis hamster – dwarf campbell rusia mudah terkena diabetes walaupun penyakit ini dapat terjangkit pada semua jenis. Hamster yang menderita kondisi ini akan mengkonsumsi jumlah air yang banyak dan kencing lebih sering. Sayangnya seperti manusia, tidak ada obat untuk menyembuhkan ini.

Kencing yang berlebihan dapat juga sebagai tanda adanya infeksi pada kandung kemih, jika begitu pemberian antibiotik dapat diberikan oleh dokter hewan anda.

Setiap hari anda sebaiknya memperhatikan kesehatan dan kehidupan hamster anda. Jika hamster anda bangun, periksa kebiasan dia. Jika hamster yang normalnay aktif lalu tiba-tiba jadi lamban dan tidak aktif maka penyebabnya harus dicari. Hamster tua akan menjadi lamban dan tidur lebih banyak dan memperlihatkan tanda-tanda umum umur tua seperti bulunya menipis dsb. Tetapi perlu diperhatikan pada hamster muda jika ada perubahan ini maka penyebabnya harus diperiksa.

Jika anda bermain dengan hamster anda maka periksalah badannya, periksa jika ada benjolan yang muncul 

Hamster sebaiknya diberi makan dengan baik dan seimbang yang mengandung campuran makanan berkualitas baik, ditambah sedikit buah-buahan dan sayuran.  Telur, daging dsb juga dapat diberi ke hamster. Hamster adalah omnivora dan bukan herbivora(pemakan tumbuhan yang seperti kebanyakan orang pikir. Sebagai hewan omnivora hamster dapat makan berbagai macam makanan dan variasi makanan sehat akan membuat hamster anda sehat.

Sayangnya kehidupan hamster sangat singkat dibanding hewan peliharaan lainnya. Hidupnya rata-rata  kurang lebih 2 tahun.

Dengan pemeriksaan kesehatan yang teratur dan makanan yang baik, anda akan memiliki hamster yang gembira dan sehat.

PEDOMAN KESEHATAN HAMSTER
oleh National Hamster Council dari hamsters4kids.com 

 


Pedoman dokter hewan  Hamwell untuk kesehatan hamster sebagai berikut :

 

Hamster umumnya makhluk yang sehat dan dapat hidup baik selama dua tahun atau lebih. Mereka perlu kandang yang nyaman, jauh dari kekeringan dan kelembaban, dibersihkan dengan baik dan teratur. Mereka perlu diberi makan dengan makanan campuran lengkap yang memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Mereka menikmati makanan buah segar atau sayuran dalam jumlah sedikit. Mereka suka bermain dan keluar untuk bermain bersama dengan pemiliknya.

dr Hamwell berkata..

Pada hamster yang sehat maka mata mereka akan bersih, cerah, awas, memiliki bulu yang mengkilap dan telinga yang tegak. Meskipun hamster baru saja bangun dari tidurnya, sebentar saja telinganya akan berdiri tegak dengan baik. Hamster memiliki dua tanda/bercak pinggul atau scent gland pada sisi tubuh mereka (di pinggul mereka). Ini normal dan mereka akan membesar atau juga dapat kelihatan seperti kudis pada beberapa hamster bulu pendek. Jangan diusik karena dapat menyebabkan hamster anda bermasalah. 

Hamster yang sakit akan diam saja di sarangnya meskipun ada beberapa kejadian menarik  di luar. Waktu dia keluar, matanya mungkin setengah tertutup dan telinganya tetap turun dan rata dengan kepalanya.

Tip kesehatan:  Cucilah tangan anda sebelum memegang hamster anda jika anda sakit perut atau pilek. Hamster anda dapat tertular kuman yang anda bawa yang dapat membuatnya juga sakit. Jangan menyemprot aerosol/semprotan disekitar kandang karena dapat membahayakan hamster kamu..

Penyakit Hamster

Abcesses 

Abacesses adalah luka di bawah kulit yang berisi nanah. Mereka dapat membesar sangat cepat dan juga sebagai tanda infeksi terjadi. 

Pertolongan: Periksakan ke dokter hewan segera. Antibiotik biasanya diberikan dan abcess mungkin ditusuk. Luka sering dibersihkan dan mungkin harus dibersihkan teratur sampai sembuh. Beberapa hamster mungkin perlu menjalani operasi untuk mengeluarkan absess.

Pendarahan

Kadang-kadang hamster mengeluarkan darah dari pantannya. Kemungkinan tanda ini adalah adanya infeksi rahim pada hamster Sirian betina. Darah sedikit pada pantat pada hamster dwarf rusia dapat juga menandakan bahwa hamster itu hamil.

Pertologan

Jika hamster syrian mulai berdarah dari pantatnya maka bawalah ke dokter. Jika ini infeksi rahim maka hamster perlu antibiotik untuk disembuhkan. Berdarah juga dapat berarti hamster sedang melahirkan. Jika hamster dwarf rusia berdarah parah maka ia juga perlu dibawa ke dokter.

Diabetes

Campbell dwarf rusia  dapat terkena diabetes dari keturunan. Hamster akan kehilangan berat badan dan kelihatan kurus dan sakit. Hamster akan banyak minum air dan memiliki area toilet yang sangat basah. Pasien hamster biasanya mati sangat muda sekitar empat sampai enam bulan. 

Pertolongan

Beberapa pemelihara hamster mencoba dengan makanan dengan bermacam-macam hasil. Insulin umunnya tidak ide yang bagus karena sangat sukar untuk mengetahui berapa banyak insulin yang harus diberikan ke hewan sekecil itu. Pada saat ini belum ada obatnya. 

Kerontokan bulu

Kerontokan bulu biasanya terjadi pada hamster tua dan juga dapat disebabkan oleh beberapa sebab lainnya.

Pertolongan.

Bawahlah ke dokter untuk mendapat dianogsa penyebabnya dan sesuatu untuk menolongnya.

Bercak Pinggul (Hip Spot)

Semua hamster memilikinya tetapi pada hamster tua yang bulunya menipis dapat terlihat jelas seperti bermasalah. Tanda bercak ini berada di kedua pinggul dan dapat terlihat seperti dua tahi lalat.

Pertolongan

Biarkan, jangan digangu atau diusik. Biasanya tidak bermasalah. Kamu dapat melukai mereka daripada baik dengan mencoba menghilangkan ini.

Luka

Selama lukanya tidak terlalu dalam atau kelihatan bersih maka luka itu dapat dibiarkan. Perhatikan saja sampai lukannya sembuh. Luka yang lebih dalam yang terlihat infeksi perlu nasihat dokter. 

Pertolongan 

Umumnya dengan antibiotik. Memandikan dengan air garam juga membantu untuk menjaga supaya bersih.

Benjolan atau tumor

Hamster yang muncul bengkak di daerah yang asing. Benjolan ini mungkin tetap atau berpindah tempat di kulit mereka. Hamster mungkin tidak suka kamu memegang benjolannya. 

Pertolongan

Nasihat dokter diperlukan. Umumnya mereka dihilangkan melalui operasi pada ukurannya tepat atau selama mudah ditaruh untuk dioperasi.  Beberapa dokter memperingatkan akan adanya kesulitan dalam pembiusan hamster. Dr Hamwell berkata bahwa meskipun ada resiko pada hewan kecil ini, hamster selalu memiliki teman yang baik dalam menjalani operasi dengan baik. Selalu memeriksakan benjolan sesegera mungkin karena mereka dapat bertambah besar cukup cepat.

Virus Papova

Penyakit ini merupakan penyakit hamster yang relatif baru yang diguleti oleh dokter saat ini. Tanda-tanda simptom termasuk  rasa jendolan di belakang leher, benjolan-benjolan kecil di bawah kulit, benjolan benjolan seperti kutil di dagu atau bagian tubuh lainnya. Penyakit ini dipercaya ditularkan melalui air seni dan melalui memegang hamster yang sakit dan tidak mencuci tangan setelah itu.

Pertolongan 

Tidak ada obat untuk papova untuk saat ini. Pemelihara hamster mencoba dengan menghilangkan benjolan melalui operasi tetapi tidak ada jaminan bahwa benjolan itu tidak muncul lagi. Penyakit ini diperkirakan genetika. Beberapa hamster mati karena penyakit ini dan hamster lainnya juga dapat sembuh dan benjolan juga hilang. Penyakit ini menular dan kamu harus memisahkan hamster yang terkena penyakit ini.

Ekor Basah (Wet Tail)

Penyakit hamster yang paling disebar-luaskan. Tanda-tanda symtom adalah hamster sangat lemah dan mencret. 

Pertolongan

Perlu segera dibawa ke dokter. Sangat disayangkan penyakit ini sangat sukar disembuhkan dan hamster mungkin tidak tertolong.

– Sumber :  http://www.hewanpeliharaan.com –

About Rudi Kurniawan

Knowledge is power, but character is more.
This entry was posted in Hari Lepas Hari. Bookmark the permalink.

136 Responses to Hamster – Hamtaro

  1. oktavia says:

    hamster sya sepertinya kena tumor.. tp dokter di daerah deket kemayoran yg bisa kira2 tau ga ya?
    harga operasi nya berapa y?

  2. rud3m says:

    @Oktavia. Saya tidak tahu apakah di daerah Kemayoran ada dokter hewan. Saran saya coba disurvey saja atau dicari via buku telepon dr. hewan mana yang lokasinya terdekat. Segala sesuatunya bisa dikonsultasikan terlebih dahulu. Semoga hamsternya sehat lagi ya… Salam.

  3. lambang says:

    hamster. . imoet banget!

  4. Rudi says:

    Wah…mas Lambang hobi juga yah pelihara Hamster??? Yah…buat obat stresss mas….

  5. cuneng says:

    cool,kompliiiiit banget

  6. enos says:

    apa sih obat klo hamster rontok bulu karena kutu…

  7. Rudi says:

    Buat enos. Penyebab kerontokan bulu, biasanya karena usia Hamsternya yang sudah tua. Penyebab lain misalnya akibat kutu untuk obatnya lebih baik konsultasikan dengan dokter Hewan Anda. Untuk menjaga kebersihan, biasanya kandang beserta hamsternya saya jemur saat matahari pagi sekitar jam 9-10 sekitar 3 menit. Jangan lupa, alas serpihan kayu secara rutin diganti. Apalagi kalau sudah terlihat basah, harus cepat diganti dengan yang baru. Semoga cepat sembuh ya…

  8. Nashroulloh says:

    @Oktavia, coba hamsternya dikasih chitosan. Anjing temanku kena tumor kandung kemih sembuh dikasih chitosan.

  9. Hamsto says:

    Siang pak,
    saya mW tanya,akhir2 ini hamster saya srg tdur n Lmes,.
    Apa mgkn krna cuaca dingin n Jrang d Jmur kLi y ? Trus antspasiny gmna??

  10. Rudi says:

    Hasmter yang kegemukan biasanya memang jadi pemalas. Coba diatur pola makannya. Dan alat putar bermainnya coba difungsikan lagi supaya hamster juga melakukan lari-lari (olah raga). Kalau dijemur usahakan pagi hari saat matahari hangat dan jangan terlalu lama, cukup 2-3 menit saja. Semoga hamsternya jadi semangat lagi ya. Salam.

  11. dika says:

    saya maw tanya,,klo taruh hamster dikamar pribadi kira2 ada pengaruh nya ga ke kita nya ??

  12. Rudi says:

    Sebaiknya disimpan di ruangan yang luar saja, atau di ruangan terbuka. Kalau di kamar dikhawatirkan pengaruhnya dapat menyebarkan penyakit. Terkadang kita sulit melihat dari mana penyakit itu datang. Bisa saja dari binatang peliharaan kita kan?

  13. Kiki says:

    Mas,sy mu tanya.ciri2 hamster hamil gmN seh?cz hamster sy genduT,apa krna hamil ato kbykan sy ksi mkn yaA?

  14. Tika says:

    Hamster sy br mati td,
    Jujur,sy tdk berpengalaman dlm mengurus hewan yg satu ini.
    Sy menaruh hamster di dlm rumah. Apa itu penyebabnya ya?
    Dan sy sering memberi dia makan biji bunga matahari(kwaci),kacang hijau,dan ketan.
    Apa krna itu dia mati ya? Tolong info ya..

  15. Rudi says:

    @Mbak Tika. Hamster sebaiknya ditaruh di ruangan luas dan terbuka (di luar ruangan – udara bebas). Untuk makan biasanya ada racikan yang bisa dibeli di toko-toko penjual makanan burung. Saya sendiri meraciknya sendiri mulai dari biji bunga matahari (mentah lho…), pelet, kacang hijau, jagung, beras, dll. Dan sekali-sekali diberi juga cemilan sayuran (wortel, daun-daunan tapi bukan kangkung), dan snack sperti biskuit. Hamster mati mungkin penyebabnya bisa karena kegemukan atau kedinginan dan penyakit.

    • Tika says:

      Makasih ya,
      hamster sy yg 1 ini jg hampir mati,padahal tinggal dia.
      Tp syukurlah,dia masih bisa bertahan hidup,karena waktu itu sy panik,dan langsung memberi dia makan dan minum.
      Beberapa saat kemudian dia bisa berdiri,dan berlari lg.
      Tp saat ini dia tinggal sendiri,pasangannya sdh mati.
      Sy lagi cari pasangan utk dia,tapi di daerah sini tdk ada lg yg jual.
      Apa dia bisa bertahan hidup sesuai umurnya,tanpa ada pasangan?
      Atau dia kesepian ya?
      Sy kasihan liat dia,main sendiri.
      Tolong sarannya ya..makasih.

  16. Rudi says:

    @Mbak Tika. Binatangpun kalau dia hidup sendirian pasti akan kesepian. Saya saja selalu mengusahakan untuk minimal ada sepasang dalam satu kandang. Malahan sekarang hamster saya sudah beranak pinak. Ternyata kalau makanan cukup tersedia. Walaupun disatukan, anak-anak hamster yang bayi tidak akan diapa-apakan oleh yang lain. Jadi intinya sediakan makan yang kering dalam jumlah cukup. Seminggu sekali ditambah cemilan sperti sayuran dan biskuit. Jadi selamat mencari pasangan lagi untuk hamsternya ya.

  17. Tika says:

    Tapi di sini gak ada yg jual lg..:(
    Pdhal udh sy cari ke mana2.
    Sy jg kasihan liat dia kesepian,
    Sy kan tinggal di papua,jd hamster2 itu mungkin di dtangkan dari jawa.
    Kalau boleh tau,biskuit jenis apa yg bisa di makan hamster?
    Tolong sebut contohnya ya,
    Dan pelet itu yg bgmn ya ? Sy kurang tau,di sni jg susah carinya.
    Makasih..^,^
    Maaf ni,sy bnyak bertanya..

  18. Rudi says:

    Wah mbak Tika tinggal di Papua ya? Iya mungkin sulit juga ya mencari toko Hewan di sana. Kalau deket di Bandung sih, saya kirim nih.
    Tentang Biskuit tidak ada yang khusus, biasanya saya berikan yang mengandung susu (yang manis) aja jangan yang asin. Misalnya saja jenis kue marie atau semacam Coco Crunch.
    Menegenai pelet, itu adalah sebutan nama makanan yang padat (berbentuk butiran-butiran seperti tablet hanya kecil-kecil) yang bisanya diberikan untuk makanan burung atau ikan.
    Kapan donk jalan-jalan ke Jawa? Khususnya Bandung? Di sini banyak loh…😀

  19. dian says:

    kenapa di pinggang kanan kiri hamster ada 2 bejolan hitam itu bahaya apa tidak y?

  20. Rudi says:

    @Dian. Kalau terlihat luka atau bisul, kemungkinan disebabkan oleh penyakit. Coba saja amati Hamsternya terlihat kesakitan (menderita) tidak? Misalnya diem saja atau suka jilatin bagian tsb. Pemeriksaan akurat harus oleh dokter hewan mbak.

  21. Tika says:

    Wah..makasih ya,msh mau balas komen sy,:)
    tp bukannya itu menyebabkan hamster jd gemuk ya?
    Sy sering baca,harus hindari makanan
    berlemak,manis2,krn dpt membuat hamster jd gemuk.
    Hamster sy skrg jd agak malas,mungkin krn ga da temannya.
    Trus udah gitu,dia gak suka di pegang.huh,
    Hamsterku betina,jenis panda.
    Mau banget jln ke sana,.pusat belanja hamster..hehe^^’,
    Tp sibuk kuliah,
    Jd blm bisa.
    Sy lg pesan hamster dr jawa tuh,
    Harga 1 pasangnya 60rb.
    Sy beli 5. Biar bisa berkembang biak disini.
    Tp mahal ongkos kirimnya tuh,
    Tgl 26 br hamsternya tiba di papua.
    Ga apa deh,yg penting keinginan melihara hamster bs terwujud.
    ^^
    Mohon panduannya ya..jangan bosan jika sy banyak bertanya.
    Makasih

  22. Rudi says:

    @Tika. Ha…ha…sesama pencinta Hamster kan harus saling dukung kan mbak. Ini sekedar sharing informasi dan menambah persaudaraan kan? Betul untuk makanan dengan kadar lemak dan gula yang tinggi akan menyebabkan kegemukan sehingga jadi malas. Kerjaannya tidur melulu. Jadi mainan rolling harus disediakan juga biar ada tempat untuk olah raga. Makanya cemilan jangan diberikan sering-sering. Seminggu sekali saja.
    Iya kalau ke Papua pasti mahal ongkos kirim ya daripada barangnya. Tapi demi hobi pasti dijalankan deh. Supaya jinak haster memang mesti diajak main juga diberi makanan dari tangan kita, atau diusap-usap. Saya kalau digigit sering deh….
    Ok…gitu dulu ya…semoga hamsternya sudah tiba dan bisa beranak pinak deh…..

  23. Tika says:

    Mas..mau tanya lg nih.
    Hamsterku kok kantong zakarnya makin hari makin besar ya?
    Ga tau tuh,padahal dulu ga besar bgitu. Jangan2 kena penyakit ya?😦

    Makasih.

  24. Rudi says:

    @Tika. Ha..ha…dulu saya pernah heran juga. Tapi sebenarnya itu normal. Malahan saya segera sediakan betinanya. Biar mereka bisa saling berbagi. Dan akhirnya ternyata bentuknya normal lagi. Gimana sudah diberi pasangan belum???

  25. Tika says:

    Blum nih,hamsterku belum dikirim juga sampe skrg. Ga tau,orangnya terlalu banyak alasan. Katanya yg mau dititipin berhalangan terus,
    Huh,pusing juga sy mas,mau di cancel jg rugi. Karna udah kelamaan nunggu.

  26. Rudi says:

    @Tika. Ngirimnya terlalu jauh ya. Kalau kirim hewan agak rumit memang… Kalau yang deket-deket lokasinya dengan tempat tinggalnya memang tidak ada ya. Oke sabar aja dulu deh….

  27. Tika says:

    Udah sy batal,
    Ga tau tuh,orangnya niat menipu atau bgmn. Terlalu bnyak alasan,janjinya dari tgl 6 okt,sampe skrg berhalangan terus.
    Sy jd takut liat pantatnya itu,tambah bengkak soalnya. Jadi lari sendiri,
    Malah sebulan lalu,pernah keluar darah. Sy tidak tau,keluarnya darimana? Yg jelas badannya tidak menunjukkan adanya luka.

  28. Rudi says:

    Kalau hanya janji-janji. Batalkan saja mbak. Cuman jadi rugi ya. Tentang pembengkakannya setahu saya ya begitulah karena hormonal aja kali. Darah mungkin karena tergores. Tapi selama dia sehat dan tidak ada tanda-tanda sakit. Everything is Ok. Saya mau aja nih kasih hadiah sepasang hamster. Tapi susah juga ya kirimnya.

  29. Tika says:

    Hehe.. Mau dong..:)
    Iya,hamsternya udah aku batal.
    Untung uangnya masih dikembalikan,
    Ya,hamsterku kelihatan sehat. Cm suka murung,mungkin krg ga da teman mainnya. Kasian jg liatnya,
    Terpaksa sy nitip ma kenalan yg kerja di Km. Sinabung,kan kapalnya biasa k Jkt.
    moga2 kali ini ga gagal lg. Makasih ya,:)

  30. Tika says:

    Oo ya pak, sy ada add Fbnya..
    Tika Santoso.
    Kalo ga keberatan, di confirm ya.:)

  31. Rudi says:

    @Tika. Sip deh…sampai ketemu juga di FB ya…

  32. streetX says:

    saya mw tanya ,udah satu minggu bagian pantat hamster saya membengkak dan memerah…klo boleh tw itu knp y?

  33. Rudi says:

    @StreetX. Pasti yang jantan ya? Ada pasangannya ga? Setahu saya hal itu normal aja mas/mbak, selama hamsternya tidak murung nanti akan sembuh sendiri.

  34. FaRah.R says:

    moga sarannya bisa bntu Q dlm merawah hamster Quw!!!

    Thak’zzz

  35. Kaeta says:

    Om.., mw tanya nie…
    Hamster boleh d mandikan g??? Cz kata tmenQ yg punya mbak dokter hewan, hamster ntu boleh d mandikan tp pke air hangat n mandikannya d lap aja…
    Tp ada yg blng jg hamster tu g boleh kena air…gmn yaa… Q bingung nie om…
    Truz cara ngilangin kutu d hamster gmn?? n pke obat kutu merk apa y??

    • Rudi says:

      Di alam liar, hamster kan kalau kena hujan atau harus masuk selokan tidak apa-apa, toh akhirnya dia akan mengeringkan badannya juga…he..he.. Pengalaman saya kemaren hamster saya pernah jatuh ke got dan jadi kotor. Saya ambil saja air bersih di waskom secukupnya (supaya kepala hamternya ga tenggelam) dan kemudian saya masukan kesitu. Dia berenang kesana kemari dan setelah bersih saya jemur….

      • Rudi says:

        Oya tentang obat kutu saya belum pernah pakai, tapi bisa ditanyakan ke PET shop terdekat deh…ok.

  36. Kaeta says:

    Bales ya om…
    Thak’zzz berat…!

  37. Rudi says:

    @Kaeta. Pengalaman saya. Pernah lho hamster saya ada yang kabur dan kecemplung got, juga sama anak saya pernah juga disiram air. Pada dasarnya hamster seperti binatang sejenis tikus lainnya suka menghindari air. Tetapi dari pengalaman saya tadi, setelah basah-basahan dan karena kotor ya saya mandikan dengan cara dicempungin saja ke air dingin (hangat mungkin lebih baik ya) tapi tanpa sabun atau bahan kimia lain. Setelah bersih saya jemur di matahari langsung atau di bawah lampu bohlam. Ternayata tidak apa-apa tuh. Setelah kering tetap sehat. Dan yang hebat ternyata hamster perenang ulung lho. Tentang kutu, wah…saya belum tahu obat yang paling aman tuh… Lebih baik tanya sama dokter hewan deh. Saya belum pernah melihat ada kutunya sih.. ^_^ Oke ya…salam dari hamster Om buat hamstermu…

  38. kaeta says:

    Mkasi buanyak om atas sarannya…

    0ia..om, hamsterQ skrng lgi hamil nie, klo hamster hamil kn lbih aktiv tu…truz apa perlu hamsterQ d pndahkn k akuarium yg gk ada mainannya, soalnya Q pke kndang jeruji n hamsterQ sering manjat2, tkutnya kegu2ran gt…cz Q pnah baca untk mngurangi resiko keguguran hamster hamil hruz d jauhkn dr mainanya…apa itu bner om??
    Truz apa aja yg hruz d lakukan bwt hams yg lg hamil…

    Salam balik bwt hamster om dr hamsterQ…🙂

  39. Rudi says:

    @kaeta. Ada baiknya memang hamster yang lagi hamil dipisahkan dari yang lain, tempatnya juga disediakan serbuk kayu yang bersih supaya hangat. Tapi punya Om sih dibiarkan saja tetap bersatu dengan teman-temannya yang lain. Karena kandungan pasti terjaga dengan baik. Yang penting jangan lupa sediakan makanan danminuman yang cukup. Coz jika kekurangan makanan anak-anaknya suka dimakan lagi. Hamster emang termasuk binatang kanibal. Maka sediakan pakan yang cukup ya. Biar anak-anaknya juga bisa menyusui dan cepet besar. Ok…met menjaga Hamsternya dan punya keluarga baru…Salam…

  40. reza says:

    saya baru beli hamster roborovski, tapi dia kayanya tidur terus deh, jarang geraknya, tidur terus, apa sakit ya…. saya beli yang sudah induk 2hari lalu, berharap bisa cepat beranak, klo makanan yang bagus tiap hari apa ya,dan porsinya gimana?

    thanks before,

  41. Rudi says:

    @Reza. Hamsternya sepasang ga? Kalau tidur terus artinya perutnya penuh. Porsi makannya dikurangi saja mas. Terus jangan lupa diberi mainan roller biar dia gerak terus.
    Bisa aja beli betina yang sedang hamil, tapi sebaiknya pelihara yang sepaang deh. Jenis Robo biasanya subur dan cepat beranak. Makanan utama hamster kombinasi dari biji-bijian. Diatur saja satu sendok makan untuk 2 ekor. Dan seminggu sekali diberi sayuran…Gitu pengalaman saya mas. Oke…semoga hamsternya cepat beranak ya….

  42. Filth says:

    mas q pelihara hamster… pertama sih buat ngasih makan ular2 q.. tpi terlanjur suka makax q plihara ..skrg udah skitar 70 eko0r… dri awalx cma 4 ekor dewasa..1 jantan sisax betina..
    gni loh..aq sering binggung klo mau mandiin tuh hamster.. soalx sering bnget setelah mandi pasti ada yg mati.. bukan satu tpi beberapa…
    gmn y cara mandiin yg bener.. trus.. brp hari sekli mandix??? thx..

  43. Rudi says:

    @Filth. Sebenarnya hamster itu termasuk binatang yang tidak suka air. Jadi kalaupun dimandikan jangan diceburkan begitu saja. Apalagi dalam satu ember sekaligus misalnya. Cukup di semprot pakai air bersih dalam spray botol saja tanpa bahan-bahan lain. Seminggu sekali saja dan pagi hari pada saat matahari bersinar ya. Jadi sekalian di jemur… Ok…met mandiin hamsternya ya….

  44. Rudi says:

    @All. Kalau perlu video pilihan saya tentang hamster, bisa di download di http://rudi226.blogspot.com/2009/05/hamster-hamtaro.html

  45. vin die says:

    saya punya gerbil usia sekitar 4 mnggu,knp ekornya tdk panjang ya??trimakasih.

  46. Rudi says:

    @Vin die. Saya tidak punya dan belum kenal binatang itu. Jadi saya tidak bisa menjawab nih. Barangkali ada temens lain yang bisa memberi info???

  47. Mila says:

    Hamsterku br 2 hari yg lalu ada benjolan di anusnya,apa itu bener2 tumor?ada kemungkinan lain gak?oiya chitosan itu apa ya?

    • Rudi says:

      Buat Mila. Sepengetahuan saya, benjolan di daerah anus -pada daerah bagian ekor- sering terjadi pada haster jantan. Dan itu sepanjang tidak luka, sepertinya normal saja. Apakah hamsternya diberi pasangan tidak? Kalau tidak, coba diberi pasangan betinya supaya kawin. Lama-kelamaan benjolannya pasti hilang (normal) lagi deh…
      Chitosan menurut informasi adalah bahan alami pengawet makanan yang dapat menjadi alternatif pengganti formalin dan merupakan produk turunan dari polimer chitin, yakni produk samping (limbah) dari pengolahan industri perikanan, khususnya udang dan rajungan.🙂

  48. Van says:

    Mau numpang nanya nih mas, apa jenis kelamin anak hamster tergantung dari situasi ya? Soalnya 2 pasang hamster saya melahirkan, bayinya 10 ekor, tapi koq betina semua? trim’s sebelumnya…

  49. Rudi says:

    Wah…saya belum pernah mengalami seperti itu mas. Biasanya acak dari 5 ekor 2:3 atau 1:1 aja. Belum ada penelitian tentang hal tersebut. Nant saya gali infonya lagi ya.

  50. Gamila says:

    Mas q mw tanya neh hamster q kn bru melahirkan anakx tdx 6 mati 3.setelah 3 hari g ad masalah tp hr k4 malah keluar darah dr kelaminx terus keluar benjolan daging agak panjang sehingga gak mau mkn dan g menyusui anaknya kasian mondar mandir kesakitan trz keluar darah.knp ya mas sma hammy sy gmn nasib anakx !thx ya mas mhn dbls

  51. Rudi says:

    Untuk Gamila, ada kemungkinan hamsternya kena pendarahan ya. Bisa saja infeksi pada rahim. Dengan pertolongan dokter kemungkinan diberi antibiotik. Untuk anak-anaknya bisa saja dipisahkan dan diberi minum susu dengan pipet. Semoga hamsternya cepat sembuh ya.

  52. Gamila says:

    Pipet it seperti ap ya mas trs beli dmn!susux khusus g!cara pemberian ke bayix brp kli sekali!mas yg ak baca2 dr internet ap mungkin hammy sy kena ambeien!ksian bgt dokter jg nyerah th cma dksh vit az!Makasih mas

  53. Rudi says:

    Pipet itu bentuknya semacam tabung kaca kecil di ujungnya ada karet seperti balon kecil. Jadi kalau dipencet bisa menghisap cairan. Biasanya ada di kemasan obat untuk anak-anak/ bayi. Jadi ditetesin gitu. Kalau saya pernah ngasih susu murni atau susu kental manis putih (bukan Coklat). Diberikan semaunya si bayi humster aja. Bisa saja kena semacam ambeien… Makanan coba diberikan yang kering-kering dulu jangan sayuran atau wortel dulu deh… Malah saya pernah setiap pagi Hummy yang sakitnya di jemur 15 menitan…

  54. Gamila says:

    Mas mamy hamy q dan k3 anakx da mati td pg.q kgt plus sedih bgt.tdx anak2x da q ksh susu sprti yg mas saranin tp g bsa ttp mati.trz pngn miara lg ksh saran donk lbh baik yg sprti ap!thankz mas

  55. Rudi says:

    Waaah…turut sedih nih. Anak-anaknya mungkin kedinginan ya dan masih pengen menyusui. Saran saya sih pelihara lagi saja. Cari yang sepasang saja dan sehat. Jenis apapun boleh deh. Jangan lupa kandang jaga kebersihannya ya… Oke deh…met pelihara yang baru dan moga-moga cpt beranak lagi ya…

  56. Bobbyz says:

    mas, mo nanya sedikit nih. aku punya 2 hamster jantan semua. yang satu campbhel (lumayan atraktif kalo main di joging track) dan satunya jenis whinter. kenapa ya yang jenis winther cuma bisanya tidur aja dan gak bisa main di joging track. padahal aku seneng yang atraktif. apakah semua jenis hamster bisa bermain di jogging track ataukah harus melatihnya? terus gimana caranya nggak tidur terus sepanjang hari, kadang jengkel juga kalo tidur terus. pingginya atraktif, main di joging track. kan asik dilihatnya. terimakasih jawabannya

  57. Rudi says:

    Mas Bobbyz, dari pengalaman memang hamster jenis Campbell termasuk hewan yang lincah dibanding jenis lain. Untuk Jenis whinter (White Russian) kalau merasa cukup kenyang kerjaannya memang malas-malasan. Sehingga kalau dibiarkan akan obesitas (kegemukan). Tips yang bisa dilakukan adalah porsi makannya dikurangi atau diberikannya sedikit-sedikit jangan di stok. Jadi sekali makan habis atau dibiarkan dulu puasa seharian. Nanti kalau lapar dia pasti akan ga mau diam…(Gimana aja kalau kita lapar ya) 😀 Pola makan diberikan dua kali sehari saja dulu. Oke mudah-mudahan hamsternya ga malas aja ya… Salam.

  58. Bobbyz says:

    Ok…makasih tips-nya mas. semoga bisa lincah lagi nggak tidur melulu kerjanya hehehehehe….
    bagus juga nih blok banyak membantu para pecinta hamster yang baru mulai belajar memelihara dan beternak hamster.

  59. Dinda says:

    mw nanya kak,,,,,, hamster aku namax momo jenis golden hamster…. dy tkng mkn…telingax sering berdiri… kata temenku klu hamster telingax berdiri,,, itu berbahaya,,,, aku jd tkt,,, hbs… jantaanx udah mati (cimut),,,, jd tinggal momo,, aku tkt jg klu momo mati,,, momo jg sk gigit2 besi dlm kandangx,,, jendela rmh dlm kandangx udah rusak karna momo gigit…. kk bs nggak nyariin toko hwn atau dokter hewan di daerah palu?? tolong ya kak…

    Dinda,palu

    • Rudi says:

      Dear Dinda di Palu.
      Wah…untuk cari dokter hewan paling gampang di buku kuning yang punya Telkom itu loh..
      Mesti ingat ya, hamster itu binatang pengerat jadi dia memang suka gigit-gigit (mungkin untuk mengasah giginya ya). Biar ada bahan untuk mengerat, masukin saja potongan kayu yang bersih dan kecil-kecil ke kandangnya. Dan esti cari lagi pasangannya ya biar si momo-nya ga kesepian karena hewanpun butuh temen loh…

  60. storeillinia says:

    tanya dong..
    di batam ga ada dokter hewan..
    gmn dong?
    kalau matanya kena debu, gmn??
    trus kukunya gimana dipotong??
    hamster kan lincah abis..

    • Rudi says:

      Tipsnya adalah, pakai cottonbut saja pada mata yang kena debu. Cottonbut-nya diberi air dulu. Kuku biarkan saja karena itu alami. Hamster yang lincah menandakan dia itu sehat. Ok… Salam…

  61. ana says:

    saya mau ty donk,,
    sya cm bli 1 hamster n itu sya sengaja,,
    supaya perhatian saya terfokus ke dia seorang,,
    gak apa2 kan??
    tolong di jawab,,

  62. nani says:

    mas…saya juga punya hamster..cuma saya gak tau jenis hamster saya apa…pnjgnya kra2 12 cm.bulunya agak lebat n bdnnya agk sedikit gemuk…
    bgsnya hamster itu tdurnya d serbuk kayu apa dmn ya mas????
    bahaya gak y mas bila d gigit hamster???
    dbls y mas

    • Rudi says:

      Untuk mengetahui jenis hamster, pada saat beli mestinya bisa ditanyakan kepada penjualnya kan?😀
      Kalau di tempat kita biasanya banyak yang dijual jenis Roborovski atau Campbell.
      Supaya hangat memang sebaiknya kandang hamster diberi serbuk kayu yang kering. Kalau digigit hamster apalagi sampai berdarah, secepatnya dibersihkan lukanya dan diberi obat merah (cayodine). Apabila lukanya besar dan terjadi infeksi harus segera ke dokter dong. Saya sering digigit sampai berdarah tetapi ternyata tidak sampai infeksi. Cukup diberi obat merah, lukanya juga cepat sembuh.
      Semoga hamsternya tumbuh sehat ya… (Maaf nih baru sempet balas…)

  63. IrRha AG says:

    mas, mo tanya nih… hammy q gatel2 tuh.. trnyta emg dri blinya d kutunya… ksian bgd liat dy gruk2 mlu…😦 tp msh aktif jga,,, q dh ksh obat anti kutu pets doris ditambah bedak baby, tp mlh gatel jg… q pgn mandiin dy biar dy brsih.. tp bgung mo gmna biar kutunya ilang,, klo cma dsemprot air n dijemur dimatahari pagi kyak mas blang bisa ngurangin kutunya ga? klo jemur dimatahari sore boleh ga? oy, yg q roborovski mas,,, tlgin q msti gimana… q bru bli kemaren lusa n gatel2 mulu mulai hari ini.

    • Rudi says:

      Iya kesel juga ya kalau hamster banyak kutu. COba nanti dibersihkan dulu kandangnya secara teratur. Kutu bisa hilang dengan obat yang tepat sesuai anjuran dokter hewan. Kalau saya sih, cukup dimadikan (dibersihkan manual) terus dijemur pagi hari saja sekitar 10-15 menit.

  64. Vero says:

    Om..numpang nanya dong..
    Hamster sy kok dket anus nya masih bengkak padahal udh sya stuin sama betina na..??

  65. mega says:

    mau tny dunk mas…hamster saya pas gigit kandang gigi ny copot n brdarah byk bgt….
    gmn ya tuh…tolg bantu saya donk…saya hrs gmn???
    ksh mkn ny apa??

    • Rudi says:

      Hmm…Hamster yang sakit segera dipindahkan saja ke kandang lain. Hamster adalah binatang pengerat jadi sudah pasti suka gigit-gigit. Maka sebaiknya disediakan saja potongan kayu yang bersih untuk ‘gigit-menggigitnya’.😀
      Secara alamiah luka pasti akan sembuh sendiri. Semoga sehat kembali ya…

  66. karin says:

    maz, mw tby.. benar ga sih hamster bisa bikin mandul..?
    trims

    • Rudi says:

      Maksudnya mandul ke siapa? Kalau ke orang sepertinya mesti dibuktikan secara alamiah. Jadi belum jelas kebenarannya.

  67. moengkaz says:

    mas mw tanya knpa hamster suka berantem? padahal dah lama ak kandangin bareng?

    • Rudi says:

      Hamster kalau berantem biasanya berebut makanan atau wilayah tempat dia tidur. Memang sifat alaminya begitu. Malahan kalau kawin saja sampai berdarah-darah. Kalau cocok ya pasti mereka akan akur sendiri. Hanya kalau keseringan mesti dipisahkan saja.

  68. emg hamster kalo lahir paling dikit 1 ekor ea ?
    bales

    • Rudi says:

      Ya…saat melahirkan, Hamster bisa beranak 1 s.d. 3 ekor (malah ada juga yang sampai 5 ekor atau mungkin lebih). Tergantung kesuburannya.

  69. indra says:

    knepa hamster saya pantatnya jadi besar ya.. tolong d balaz ya, makasih

    • Rudi says:

      Seingat saya, normal saja kalau pantatnya jadi besar. Coba sekali-sekali disatukan dengan pasangan (jantan-betina deh). Dan jangan lupa sediakan mainan untuk berlari-lari.😀

  70. rheka says:

    m tanya nih mas, aq py hamster syirian anggora, baru2 ini aq nemu di anusnya bengkak dan kasar (seperti kulit manusia kalo kena gatal2), trus di kelaminya agak bengkak n ada bintik hitam yg tambah melebar tiap harinya….. plz tlgin anggoraq….. tx ya

    • Rudi says:

      Hmmm…sepertinya kena infeksi. Apakah sebelumnya sempat luka? Pengobatan yang tepat harus konsul ke dokter hewan.

  71. Lucky Shinta says:

    aku mau nanya ni mas. Aku punya hamster jenis robo 1 pasang, dulunya cuma 1ekor, kenapa setelah dikasi pasangannya mereka jadi sering tidur terus ya?
    Tlg infonya ya mas..

    • Rudi says:

      Biasanya hamster jenis Robo sangat lincah. Coba kurangi porsi makannya kalau sudah kenyang dan makanan berlimpah biasanya membuat hamster jadi malas, dan berikan roller untuk berolahraga. Kalau sempet setiap saat coba diajak bermain-main… Semoga membantu ya…:D

  72. yayad says:

    Hamster sy di bgian klopaknya kok nda ada bulunya? matanya kliatan agak bengkak dan agak basah. Kira2 cara nymbuhinnya gmn ya? Terima kasih🙂

  73. Rudi says:

    Bisa saja kurang vitamin. Coba makanannya diselingi dengan wortel yang diris-iris. Jangan terlalu banyak dan berikan sj seminggu sekali.

  74. yayad says:

    terima kasih🙂
    Oh iya, knapa hamster sy yg jantan lebih susah makan drpd yg betina?

  75. abel says:

    Mas, hamster saya jenis syrian ditelinganya sepertinya ditumbuhi jamur atau kutu saya sendiri kurang jelas. Ada Ÿª♌g ngajarin katanya dikasih minyak tawon, tapi kog ga ilang2 ya. Apa mas pernah punya pengalaman seperti ini dan bagaimana penyembuhannya? Trims

  76. riyah says:

    aduhhhh aku suka banget tau sama hamtarooo

  77. fenny irawan sy pakaya says:

    hamster aku namanya nara, yang sudah aku pelihara hampir 3 bulan mati dengan perut keras, basah oleh cairan di area anus dan sekitarnya, terus matanya tidak tertutup. kira-kira penyakit apa yang dialami sama nara ya? trims

    • Rudi says:

      Pastinya harus diperiksa dokter hewan. Dari gejala ada kemungkinan radang terkena virus. Sumber bisa dari makanan yang tidak terpantau.

  78. fahmi says:

    mas mau nanya neh,kalo sekarang pasaran jenis golden berapa ya?cz saya ingin beli sepasang and dibiakkan,tapi takut ketipu harga harga mas,,hehe,,.makasih mas..

    • rudi226 says:

      Mengenai harga memang tidak seragam. Tetapi apabila mas Fahmi datang ke Pet Shop, sudah jelas harganya lebih mahal dibandingkan misalnya beli antar pencinta Hamster. Saat ini -karena kesibukan lain- saya sudah lama tidak pelihara Hamster dan kurang menyimak tentang perkembangan harga. Saran saya silahkan survey ke beberapa tempat dan lakukan negosiasi harga. Itu yang selalu saya lakukan saat mau beli sesuatu. Ok…Selamat berburu…😀

  79. lebih bagus mana bang , serbuk kayu atau pasir….?

    • rudi226 says:

      Saya sarankan lebih baik kombinasi saja. Media kayu baik untuk menghangatkan, dan pasir baik sebagai media untuk menyerap cairan. Jangan lupa untuk selalu menggantinya setelah kelihatan media sudah kotor.

  80. nathan says:

    Sy mau tny, knp ya hamster betina sy kok berdarah saat di kawinkan dgn yg jantan? dan berdarahnya lumayan banyak, sy smpt pisahkan krn tkt knp”, tp stlh itu mrk tdk mau kwn lg, pdhl buntut si betina sll ke atas klo didekati si pejantan, tp dia ttp nolak. Hamster sy jenisnya campbell, mohn bantuannya makasih!

  81. nathan says:

    buat tambahan, pendarahannya di daerah kelamin dan buntutnya. makasih!!

  82. rudi226 says:

    Mas nathan, saat hamster jantan & betina dewasa yang dipisahkan lalu akan dikawinkan. Pengalaman saya mereka memang suka berantem dulu bahkan sampai berdarah-darah. Pada awalnya saya heran kenapa begitu. Namun secara naluri hewani barangkali demikian kalau mereka mau menjalin hubungan – ada semacam perjuangan dulu kali yah🙂. Karena begitu saya perhatikan dan dibiarkan, setelah mereka lelah dan sudah beradaptasi (saling cocok) baru bisa melangsungkan proses kawin dan beranak pinak. Jadi kalau mereka berantem coba biarkan saja dulu (terpaksa harus tega). Hanya perhatikan kalau salah satu menghindar atau lari dikejar-kejar artinya tidak ada kecocokan. Hamster jantan dan betina ditukar saja. Silahkan dicoba ya.

  83. rara says:

    Saya punya hamster jenis panda, betina, umur kira-kira 1 tahunan, terus ada benjolan warna merah dekat anus. Hamster saya keadaannya tetep lincah dan bulunya tebal dan mengkilat, serta nafsu makannya bagus. Kira-kira kena penyakit apa ya? penanganannya sebaiknya gimana?

  84. Savira says:

    ad yg tau gk carany ngobati hamster yg kena wet tail..?

  85. ciptarum says:

    Mas saya mau tanya, kalo hamster saya terkena iritasi kulit karena serbuk kayu. Gimana mas pertolongan pertamanya?dan nama obatnya apa?
    Terima kasih sekali jika Anda membalas pesan saya.

    • Serbuk kayu bisa diganti sama kerikil khusus dulu. Pertolongan pertama bersihkan dengan hati-hati luka dengan air hangat dengan memakai cotton but. Agar tepat cara pengobatan, konsultasikan dengan dokter hewan terdekat ya.

  86. Cinta SiLvi Yunanda says:

    hamster saya sudah melahiRkan 2x ttp mkan anak’a ych ??

    • Rudi Kurniawan says:

      Sediakan makanan dan minuman yang cukup buat induknya dan pisahkan dari hamster lain. Kemudian anak-anak hamster jangan dipegang tangan manusia karena induk hamster akan menganggap binatang lain. Begitu kalau pengalaman saya.🙂

      • reviana says:

        Mas mau bertanya nama saya revi hamster cwe saya awalnya ada abses di daerh abdoment tiba2 pecah,kemudian berkelahi dan di gigit didaerah itu terus,,tidak sekali saja tapi berulang2..sekarang terjadi luka γ̥Ǧ luas dan mengeluarkan pus..kemarin saya bersihakn lukanya sama larutan NaCL kemudian saya berikan salep antikbiotik..tahu2 hari ini di daerah lukanya ada item2..hamsternya sekarang kurang aktif tapi bwt makan и minum masih mau..
        Apa lagi yang saya harus lakukan mas??
        Masalahnya di tempat saya susah cari dokter hewan

      • Vidi says:

        Mas mau nany nih…..hamster ku awalny jinak,trus tiba-tiba jd galak..
        Awalnya bisa di pegang dengan tangan sekarang suka gigit.
        Jenis albino betina…Trims

      • Rudi Kurniawan says:

        Hamster jadi galak biasanya karena sudah tumbuh dewasa dan kemungkinan sedang “puber”. Sebaiknya hamster supaya merasa dekat dengan pemiliknya selalu dibiasakan bermain-main dan diberi makan langsung dari tangan kita biar dia pun jadi terbiasa dengan “bau” tubuh/tangan kita.

  87. rudiedukasi says:

    @Reviana, penanganan sudah bagus. Hamster yang luka/ sakit sebaiknya ditempatkan dikandang terpisah (sendirian) supaya dia tidak berkelahi dengan yang lain. Sehingga lukanya akan cepat sembuh. Berikan makanan/ minuman yang cukup. Semoga hummie-nya cepat sembuh dan aktif lagi y.🙂

  88. vheaa says:

    mas, kalo hamster hamil terus keguguran bisa hamil lagi ngga ya?? trim’s..

    • Rudi Kurniawan says:

      @vheaa. Jangan khawatir, hamster termasuk hewan yang subur jadi dia kemungkinan besar akan beranak lagi. Pada saat hamil dipisahkan saja di kandang tersendiri. Jangan lupa cukupkan makanan dan minumnya.🙂

  89. nining says:

    Mas mau nanya ini klo hamster yg kena katarak bisa hamil ngak yah ?

    • Rudi Kurniawan says:

      Hamil tidaknya kan tergantung kesuburan dari sang hamsternya. Saya sendiri belum tau apakah ada pengaruhnya jadi mandul kalau yg kena katarak. Apakah sudah pernah dikawinkan?

  90. mau tanya nh..saya baru beli hamster betina,ngak beberapa hari di satuin ama yang jantan,mlah jantanya ketakutan…knpa ya?????

    • Rudi Kurniawan says:

      Kalau mau dijodohkan, jangan langsung disatukan. Sebaiknya mereka dipisah dulu dalam kandang yang berjeruji dan didekatkan. Biar saling mengenal dulu gitu loh. Kalaupun masih bertengkar, itu karena jantannya lebih muda dari betina. Lama-kelamaan mereka akan rukun sendiri kok…

  91. mau tanya dong ko hamster saya matanya yang 1 agak mau keluar gitu itu kenapa ya?

    • Rudi Kurniawan says:

      Kemungkinan kena penyakit mata, atau luka karena bertengkar dengan teman-temannya. Coba dipisahkan dulu, kalau luka dibersihkan dulu dan diobati pake betadine ditotol dengan cotton but/ kapas🙂

  92. Kalo hamster yg mati membusuk serta dikerubungi belatung itu kenapa ya?? Padahal sebelumnya dia aktif, tapi waktu saya lihat ternyata dia sudah dikerubungi belatung dan separuh keepalanya hilang.

    • Rudi Kurniawan says:

      Hamster setiap hari harus diperiksa keberadaan kandang (kebersihan) stok makanan dan minuman. Kalau mati lalu dikerubuti belatung artinya bangkai tersebut sudah dibiarkan lama. Harus segera dikubur agar tidak menimbulkan penyakit kepada manusia. Penyebab kematian mungkin saja kena penyakit atau berkelahi dengan hamster lain dan dimakan. (hamster termasuk binatang kanibal)

  93. Balas cepat ya, karena akhir-akhir ini saya lagi kepingin memelihara hamster lagi. Tapi karena pengalaman itu, saya jadi ragu buat memelihara lagi. Takut terjadi hal yg sama lagi terhadap hamster yg akan saya beli.

  94. Nami Jr says:

    Om, mw nanya nich…pelihara hamster ada bahayanya (penyakit) menularnya ga ya ke anak kecil. Soalnya saya dari sebelum hamil ampe baru punya anak pengen pelihara hamster cuman kemarin takut kali z nularin penyakit kayak kucing.sekarang anak cew baru umur 15 bln. Kira – kira ga apa – apa ya kalo saya pelihara trus jenis hamster apa yg cocok ya….b4 ty 4 feedback na \m/

    • Rudi Kurniawan says:

      Maaf baru balas🙂. Semua jenis binatang dapat membawa penyakit. Yg dapat kita lakukan adalah memelihara kebersihan dan kesehatan supaya tidak mudah terkena penyakit dari binatang peliharaan kita. Mengenai hamster, kebersihan kandang dan terpenuhinya makanan/ minuman akan menjaga supaya hamster tetap sehat. Untuk anak kecil di bawah 5 tahun sebaiknya dijauhkan dari bergaul langsung dengan binatang dan harus diawasi/ didampingi. Khawatir kena gigitan atau lainnya. Untuk pemula dapat dipelihara hamster yg jinak seperti jenis Syirian atau Winter. Selamat mencoba ya.🙂

  95. Ratika says:

    Kalau mau bersihin kandang boleh gk soalnya hamster ku baru punya anak , takut di dalam kandang itu ada belatung soalnya dari kemarin belum di bersihkan dan banyak sisa makanan seperti wortel yg sudah membusuk . Kira kira boleh gk di bersihkan? Kalau gk boleh kira kira kapan ya boleh di bersihkan ?

  96. nisa nur lathifah says:

    mengapa anus hamster keluar darah?apa penyebabnya?apa solusinya?

  97. Iyan says:

    Mengapa hamster betina saya selalu melawan jantan kalau menyatu dan kerjanya dari siang tidur aja? Apakah itu salah satu pertanda hamil? Dan sebaiknya dipisah tidak sijantan? Yang tau tolong balas komentar saya ya

  98. kiki says:

    Selamat siang,
    Salah satu hamtaro saya tiba2 mengeluarkan darah sekitar 7-8 tetes, kira2 kenapa y? Dan bagaimana cara penanganannya, thanks

  99. meita says:

    Mau tanya ya.. hamster saya jenis syria long hair betina, ud 2 hari ini keluar cairan putih kental dr bagian pantat/kemaluannya.. dan agak basah.

    Tolong di balas ya… trims ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s