Ketupat Lebaran

Lebaran tinggal lima hari lagi sejak saat tulisan ini dibuat. Rasanya kurang afdol kalau di rumah tidak ada makanan opor dan ketupat. Biasanya pada saat bangun tidur di malam takbiran setelah membersihkan diri dan melaksanakan kewajiban-kewajiban, saya mulai minum dan makan korma. Setelah itu lihat ke dapur di panci ada opor ga? dan lihat di gantungan perabotan masak ada ketupat ga? Kalau semua sudah ok ya tinggal ambil piring. Satu ketupat ukuran sedang cukup lah untuk mengganjal perut selama shalat ied. Ya wajib dong kita menyantap sesuatu karena diharamkan pada saat Idul Fitri kita berpuasa. Kepada Rekan-rekan para Blogger yang muslim dan muslimah.  Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1429 Hijriah. Minal Aidin wal Faidzin. Mohon Maaf lahir bathin. “Sing di seepkeun“,  jangan sampai kealpaan serta kehilafan saya di bawa ke akhirat ya? Bersih suci dan saya sekeluarga juga telah memaafkan kesalahan-kesalahan Anda semua. Semoga kita terlahir menjadi Fitri Kembali. Amin ya Robal Alamin.

***

Info lengkap tentang ketupat :

KETUPAT
Sumber : http://buletin.melsa.net.id/nop/1021/ketupat-sejarah.html

Ketupat, tentunya sudah kita kenal sejak dulu terutama populer manakala menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Hari Raya Idul Adha. Ketupat adalah sejenis makanan yang terbuat dari nasi dan dibungkus oleh daun kelapa muda atau dikenal juga dengan janur.

Umumnya ketupat identik sebagai hidangan spesial lebaran, tradisi ketupat ini diperkirakan berasal dari saat Islam masuk ke tanah Jawa.

Dalam sejarah, Sunan Kalijaga adalah orang yang pertama kali memperkenalkannya pada masyarakat Jawa. Beliau membudayakan dua kali Bakda, yaitu “Bakda Lebaran” dan “Bakda Kupat”. Bakda Kupat dimulai seminggu sesudah Lebaran. Pada hari yang disebut Bakda Kupat tersebut, di tanah Jawa waktu itu hampir setiap rumah terlihat menganyam ketupat dari daun kelapa muda. Setelah sudah selesai dimasak, kupat tersebut diantarkan ke kerabat yang lebih tua, menjadi sebuah lambang kebersamaan.

Ketupat sendiri menurut para ahli memiliki beberapa arti, diantaranya adalah mencerminkan berbagai macam kesalahan manusia, dilihat dari rumitnya anyaman bungkus ketupat. Yang kedua, mencerminkan kebersihan dan kesucian hati setelah mohon ampun dari segala kesalahan, dilihat dari warna putih ketupat jika dibelah dua. Yang ketiga mencerminkan kesempurnaan, jika dilihat dari bentuk ketupat. Semua itu dihubungkan dengan kemenangan umat Muslim setelah sebulan lamanya berpuasa dan akhirnya menginjak hari yang fitri.

Kulit Ketupat
Ketupat Identik dengan Lebaran. Rasanya, kurang lengkap kalau hidangan yang satu ini tidak hadir di meja makan Anda. Selain lezat sebagai makanan, bentuk “selongsong” ketupat yang khas merupakan benda yang menarik untuk dijadikan hiasan. Anda bisa memanjangkulit ketupat dari janur asli, janur – januran alias janur dari plastik, atau dari pita. Kulit ketupat sudah banyak dijual di berbagai tempat, baik untuk hidangan maupun untuk hiasan. Cara membuatnya pun sudah banyak yang bisa. Namun tak ada salahnya jika kali ini kami memberikan bagaimana langkah – langkah pembuatan kulit ketupat ini. Adapun langkah – langkahnya adalah seperti berikut.

1.Satu – satunya bahan yang digunakan di sini adalah janur, yang memang merupakan bahan dasar ketupat.
2. Langkah pertama, gulung janur sampai tiga kali gulungan pada tangan anda dengan posisi pangkal janur menghadap ke atas.
3. Ambil janur satu lagi, gulungkan juga pada tangan anda sebanyak tiga kali. Namun kali ini posisi pangkal janur menghadap ke bawah.
4. Buatlah kedua gulungan janur tapi saling bersilangan. Namun janur harus tetap dalam posisi tergulung.
5. Ambil salah satu ujung janur dan putar ke belakang susunan janur tadi.
6. Masukkan ujung janur yang sudah diputar ke belakang tadi, ke janur yang berada pada posisi tengah. Cara memasukkan janur tersebut seperti mengayam.
7. Teruskan ayaman tadi sampai bawah. Lakukan hal yang sama pada ujung janur yang satunya lagi.

8. Pangkal janur yang sudah terletak di samping, langsung bisa diayam ke atas.
Lakukan hal ini pada kedua pangkal janur hingga bertemu di bagian atas ketupat.

Gambar :
http://web.singnet.com.sg/~hsh17/sect1ketupat.htm

Dengan demikian, anda (termasuk saya red.) yang belum mengetahui cara pembuatannya dapat mencoba membuat sendiri.

Rupa Ketupat Indonesia
Ketupat atau Kupat adalah hidangan khas Asia Tenggara yang dibuat dari beras. Beras ini dimasukkan ke dalam anyaman daun kelapa dan dikukus sehingga matang. Ketupat paling banyak ditemui sekitar waktu Lebaran, ketika umat Islam merayakan berakhirnya bulan puasa. Ketupat juga sering dihidangkan dengan sate. Bila dihidangkan dengan tahu dan gulai menjadi kupat tahu. Selain di Indonesia, ketupat juga dijumpai di Malaysia, Singapura dan sebagainya.

Di antara beberapa kalangan di Jawa, ketupat sering digantung di atas pintu masuk rumah sebagai semacam jimat. Di Bali ketupat sering pula dipersembahkan sebagai sesajian upacara.

1. Ketupek Katan Kapau
Katupek katan yang khas Kapau, yaitu ketupat ketan berukuran kecil yang dimasak dalam santan berbumbu. Ketupat ketan adalah versi rebus dari lemang. Santannya menjadi sampai kental sekali dan merasuk ke dalam ketupat. Ketupat kentan ini bisa dimakan sebagai dessert, tetapi juga bisa dimakan dengan lauk pedas, misalnya gulai itik cabe hijau atau rendang.

2. Ketupat Glabed
Ada lagi sajian rakyat lain di Tegal yang sangat populer, yaitu Kupat Glabed. Kali ini bukan ketupat dari desa Glabed. Kupat glabed adalah ketupat yang dimakan dengan kuah kuning kental. Glabed sendiri sebenarnya berasal dari ucapan orang Tegal bila mengekspresikan kuah yang kental ini. Glabed-glabed!
Ketupatnya dipotong-potong, dibubuhi tempe goreng, dan disiram dengan kuah glabed. Tambahkan sambal bila ingin citarasa pedas. Topping-nya adalah kerupuk mi yang terbuat dari tepung singkong dan taburan bawang goreng. Sebagai lauknya, Kupat Glabed selalu didampingi dengan sate ayam atau sate kerang.

3. Ketupat Betawi (Bebanci)
Masakan paling khas dan unik yang dimiliki masyarakat Betawi adalah ketupat bebanci. ”Saat ini nggak ada orang yang jual ketupat bebanci. Padahal sangat unik dan enak.”

Sesuai dengan namanya, ketupat bebanci adalah masakan dengan unsur utama ketupat. Ketupat ini disantap dengan kuah santan berisi daging sapi dan diberi aneka bumbu seperti kemiri, bawang merah, bawang putih, cabai, dan rempah-rempah.

4. Ketupat Blegong (tegal)
Kupat Blengong (Kupat Glabed dengan daging Blengong, Blengong=Keturunan hasil perkawinan Bebek dan Angsa)

5. Ketupat Bongko (tegal)
Kupat Bongko adalah Ketupat dengan sayur tempe yang telah diasamkan.

6. Ketupat cabuk rambak (solo).
Cabuk rambak adalah ketupat nasi yang diiris tipis-tipis, dan disiram dengan sedikit sambal wijen (dicampur kemiri dan kelapa parut yang terlebih dulu digongseng). Ada yang menyukai sambal yang sangat pedas, ada yang menyukai rasa sambal yang gurih. Rasa sambalnya memang sangat khas. Hidangan ini disajikan dengan kerupuk nasi yang disebut karak.

7 Ketupat/lontong Sayur
Lontong Sayur. Biasanya Lontong sayur itu artinya santan kental yang gurih, tapi kalo mau sehat (baca: engga mau makan santan) dikasih soun, telur rebus dan ditaburi bawang goreng.

Cara Membuat Ketupat
Terlepas dari nilai sejarahnya, ketupat adalah jenis makanan pengganti nasi yang sangat lezat.
Jika anda berminat untuk membuat ketupat pada Lebaran tahun ini, berikut beberapa tips membuat ketupat yang benar :

1. Beras yang digunakan harus dicuci bersih, direndam selama 3 jam dan hasil tirisannya dicampur sedikit kapur sirih.
2. Beras yang dimasukkan ke dalam bungkus ketupat harus sebanyak 2/3 isinya. Jangan sampai lebih dari itu.
3. Didihkan terlebih dahulu air yang akan dipakai untuk merebus ketupat.
4. Ketupat harus direbus kurang lebih selama 4-5 jam dan selama itu harus dalam keadaan terendam penuh.
5. Setelah matang, ketupat harus digantung sampai kering.

Tentunya ketupat jelas tidak afdol jika berdiri sendirian. Lauk pauk yang wajib mengikutinya adalah opor ayam, rendang daging, gulai kambing, teri pedas, sambal goreng hati dan menu-menu khas lainnya. Semuanya sangat menggugah selera, apalagi jika disajikan dihari yang tepat dan dinikmati bersama seluruh keluarga. Hmm.. Lezatnya.

About Rudi Kurniawan

Knowledge is power, but character is more.
This entry was posted in Lain-lain. Bookmark the permalink.

14 Responses to Ketupat Lebaran

  1. sie says:

    Mas Udi,

    Sejak kapan jadi ahli Ketupat ?

    Taqobballahu Minna Wa minkum Maaf lahir batin

    Wass.Sie

  2. agungmsg says:

    Ya.. sejak rada jadi soleh Sie… Hehehe…

    Salam,
    Agung MSG

  3. rudi says:

    @ Neng Usie, He..he.. Abdi mah ahlina mung “kari AM weee…” Numawi ieu oge beurat salira teh tos 80 Kg. Bandingkeun waktos urang di Majest SMAN keneh mung 55Kg. Duka kunaon da ari artos mah Tong Pess wae. Ceuk mas Agung mah Beunghar Hate we panginten nya, sanaos hutang seuseur oge…. Salam ka sadayana. ;_)
    @ Agung, Lebaran teh teu sempet manggihan euy da geuningan keluarga mertua ngadon ngajak mudik ka Tasik terus bablas we ka Pangandaran ningali Laut. Kumaha kamari Majest aya acara teu? Siga na mah pada ngacir geuningan euy?

  4. sie says:

    muhun super sibuk katingalina rerencangan majes teh. dugi teu tiasa ayakeun waktos kangge silaturahmi😦

  5. Rudi says:

    @ Sie. Kumaha kamari saurna aya reuni? Biasana mah nu aktif teh dr. Hendi tah. Eh… Salam kanggo sadayana. Ibu sehat kan? Iraha atuh bade mampir ka kampus teh. Salam sono wae ka sadayana.😉

  6. Ifoel says:

    hhhmmmmmm.
    Met Kenal ya…? n langsung di pasang linknya…
    Plis di link back .. thx

  7. rudi says:

    So Pasti mas Ifoel. Sukses selalu ya membangun bangsa. Saya punya tugas mencerdaskan bangsa.😉

  8. Sie says:

    Alhamdulillah semua sehat. Sekarang jarang kemana2x. Makanya kalo pengen ketemu anak2 majest paling nunggu reuni. Salam lagi buat keluarga.

  9. Rudi says:

    Ngiring bingah atuh upami sarehat mah. Wah Nonk tara kamana-mana nya? Janten Manajer Rumah Tangga wae panginten atanapi gaduh bisniz? Putra tos arageung atuh nya? Kirim dong foto Keluarganya. ke email wae di rudi226@gmail.com tiasa di CC ka rudem_226@yahoo.com. Nineung yeuh waktos SMA…😀

  10. Wah hebat yah ada cara” pembuatan ketupat jg
    boleh dtiru ga cara pembuatan’y??

  11. Alfan says:

    muantap…. belajar bikin ketupat ah,,, dah lama… jadi inget bapa ma Ma yang di kampung kalo ngajarin ketupat teh,,,, thanks Mas tutor nya.

  12. Irawan says:

    Ijin menyimak mas😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s