Ga Tau (nama) Warna = Buta Warna???

Sering saat kita mempersiapkan syarat-syarat untuk sekolah atau melamar pekerjaan diminta untuk melampirkan surat keterangan dari dokter yang menyatakan tidak cacat badan dan buta warna.
Nah…ngomong soal warna, ada yang suka salah pengertian. Contohnya ada seorang teman yang suka bilang bahwa warna daun itu biru atau menyebut air laut kelihatan ‘hejo’. Sama temen yang lain suka dibilangin “eh.. kamu teh buta warna ya?”
Pengalaman saya pada saat tes dokter, disuruh menyebutkan pola angka yang ada pada gambar warna-warni. Alhamdulillah…saya bisa menyebutkan angkanya dan emang bener saya bisa melihat ada angka yang tertera disana. Sweerrr😉
Coba saja anda lihat pada gambar di bawah ini :

  

 

 

Kalau Anda tidak bisa melihat pola objek angka/gambar yang ada di sana nah…lho!, so pasti Anda termasuk orang yang buta warna! He..he..

About Rudi Kurniawan

Knowledge is power, but character is more.
This entry was posted in Lain-lain. Bookmark the permalink.

41 Responses to Ga Tau (nama) Warna = Buta Warna???

  1. babeh says:

    horeeeee… saya bisa euy… (*bisa naon tea???*) …

  2. Rudi says:

    @Babeh. Wah..selamet atuh ari tiasa mah. Ngan kade beh mun ningal nu *** mah sok janten rumeuk deui… He..he..

  3. gue yang gi skit hti nich.... says:

    Ass,
    ada ga sih OBAT untuk Seorang yang mengalami BUTA WARNA…..!!!!!!!!!

    • Budi says:

      BAGI SAUDARA YG SEKIRANYA ADA MASALAH DENGAN BUTA WARNA DAPAT MENGHUBUNGI PENGOBATAN BUTA WARNA NURHUDA:

      BUDI HARIANTO SH (marketing)
      TELP 081 328 000 838

      KAMI BERPENGALAMAN LEBIH DARI 10 TAHUN….DENGAN TERAPI KHUSUS…… TANPA OBAT

      • Rudi says:

        Mantap nih…Yang merasa ada masalah dengan Buta Warna silahkan menghubungi Bapak Budi untuk berikhtiar. Semoga diberi kesembuhan. Amin.

      • agung says:

        ini beneran ampuh? terapinya gimana ya? harus ke tempatnya? kirakira makan waktu brapa lama? biayanya gede ga? thanks

      • Rudi says:

        Buat mas Agung, saya belum tahu persis. Silahkan saja di kontak pak Budi sesuai nomor HP yang diberikannya…

  4. gue yang gi skit hti nich.... says:

    gw mw hidup gw tanpa BUTA WARNA

  5. rud3m says:

    @gue. Sy ikut prihatin dan simpati dengan apa yang Anda alami. Informasi mengenai obat buta warna secara jujur sy katakan tidak tahu. Mungkin Anda bisa bertanya atau berkonsultasi kepada dokter ahli mata di tempat Anda.
    Ada beberapa informasi tabahan yang saya dapatkan sbb. :
    … Pada buta warna, sel yang menjadi sensor warna tidak berkembang atau tidak ada. Sensor tersebut seharusnya terdapat di retina. Oleh karena kelainan ini bersifat anatomis dan kebanyakan bawaan lahir, belum ada obat minum maupun cara penyembuhan, baik tradisional maupun modern yang dapat mengatasinya. (http://www.bincangsehat.com/topic/buta-warna)
    … Buta warna didefinisikan sebagai kelainan atau gangguan dalam melihat warna. Paling sering ditemui adalah gangguan melihat warna merah-hijau. Gangguan warna biru-kuning lebih jarang. Sedangkan buta warna total, yaitu tidak dapat melihat warna sama sekali, lebih jarang lagi.
    Buta warna disebabkan oleh dua hal, yaitu karena turunan dan karena dapatan (acquired). Buta warna turunan terjadi akibat kurang atau tidak adanya sel konus. Fungsi sel ini adalah ‘menangkap” warna. Ada tiga jenis sel konus, yaitu yang sensitif terhadap warna merah, hijau, dan biru. Warna yang kita lihat merupakan perbaduan dari ketiganya.
    Jika hanya satu atau dua jenis sel konus yang jumlahnya kurang atau tidak ada, disebut buta warna sebagian. Artinya, penderita masih mampu melihat warna tertentu. Sedangkan jika ketiganya tidak ada atau tidak berfungsi sama sekali, maka penderita akan melihat dunia ini hitam, putih, dan abu-abu. Jenis yang terakhir ini dinamakan buta warna total.
    Sampai saat ini, belum ditemukan cara untuk menyembuhkan buta warna turunan. Walaupun demikian, tersedia beberapa cara untuk membantu penderitanya. Cara tersebut antara lain adalah :
    1. Menggunakan kacamata lensa warna. Tujuannya, agar penderita dapat membedakan warna dengan lebih mudah. Cara ini terbuktif efektif pada beberapa penderita.
    2. Menggunakan kacamata dengan lensa yang dapat mengurangi cahaya silau. Biasanya penderita buta warna dapat membedakan warna lebih jelas jika cahaya tidak terlalu terang atau menyilaukan.
    3. Jika tidak dapat melihat warna sama sekali (buta warna total), penderita dianjurkan menggunakan kacamata lensa gelap dan mempunyai pelindung cahaya pada sisinya. Suasana lebih gelap diperlukan karena sel rod, yaitu sel yang hanya bisa membedakan warna hitam, putih, dan abu-abu, bekerja dengan lebih baik pada kondisi cahaya yang suram.
    Lain halnya dengan buta warna dapatan. Beberapa diantaranya masih dapat disembuhkan. Misalnya, buta warna akibat katarak. Dengan mengoperasi kataraknya, buta warnanya akan sembuh. Demikian pula dengan buta warna akibat efek samping obat. Dengan menghentikan obat yang menjadi biang penyebab, penglihatan akan normal kembali. (http://www.lautanindonesia.com/forum/index.php?topic=12243.0).

    …dikatakan bahwa penyakit ini dapat disembuhkan (meski tidak 100% kemungkinannya). Penyembuhan paling sulit apabila buta warnanya diperoleh karena keturunan.
    Pada website nya times (http://www.time.com/time/magazine/article/0,9171,802584,00.html), seorang dokter mengatakan bahwa dia telah berhasil menyembuhkan penyakit buta warna dari beberapa pemuda, yang selanjutnya memungkinkan mereka untuk lulus testing ke Angkatan Udara. Perawatan yang diberikan bermacam, ada yang memberikan suplemen vitamin A setiap hari dalam dosis tertentu, serta injeksi B-Complex, serta ada juga yang membuat terapi listrik untuk merangsang kerja otot2 mata.
    Ada juga bentuk penanganan buat buta warna yang sama seperti penanganan untuk penderita miopi atau hipermetropi, menggunakan lensa.
    Dampak buruk dari penyakit buta warna ini kebanyakan dirasakan saat akan melamar kerja, masuk ke suatu program studi yang memang intensif dengan warna seperti :bidang kimia, teknik, angkatan bersenjata, dokter, arsitektur.
    Untuk itu, kenali sejak dini apakah anda termasuk buta warna atau tidak ? Mungkin belum telat untuk pengobatannya. (http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=5644&post=1)
    Salam. RK

  6. Duls says:

    Blogwalking🙂

    Barusan saya tes buta warna.. Dan…. Saya buta warna total. Hehe.. Genetik dari ayah.
    Dari gambar diatas, saya cuma bisa liat dua yang ada angkanya. Sisanya gak ada apa2an.. Haha, itu menurut saya sih.
    Nice blog .🙂

  7. Rudi says:

    Sudah diperiksa ke dokter mas? Nikmati hidup ini hari lepas hari saja mas. Ok…Good Luck!

  8. tian says:

    wah…….untung gw g buta warna

    tp anehnya lq buta warna penyakit keturunan knp adek gw BW,tp gw g??????

    gw minta tolong kasieh tau tempat pengobatan buta warna khususnya d bali…….

    cz adek gw mow berobat

    • Rudi says:

      Untuk Tian, adeknya memenag mesti diperiksa saja untuk mengetahui penyebab pastinya. Mengenai dokter mata di Bali saya tidak tahu. Paling tidak bisa ditanyakan saja di Rumah Sakit terdekat. Salam…

  9. mahisa satri julian says:

    saya tau warna tp saya gatau tuh nama warna’y…n gambar d atas hampir smua sya tau tp ngebedainnya sya ga tau..!saya pusing dngan pnderitaan ini!

  10. Rudi says:

    Dengan kecanggihan teknologi, warna saat ini bisa dikombinasikan sampai berjuta-juta warna. Penamaan pun diberi kode. Jadi jangan ambil pusing apalagi menderita, cukup tahu nama warna dasar aja. Red-Green-Blue (RGB) atau Cyan-Magenta-Yellow-Key/ Black .Dari kombinasi itu saja terciptalah warna-warni yang mendekati alamiah.😀

  11. Lee says:

    uhmm,, pacar sy buta warna,,
    trus gr2 itu dya g ketrima msk playaran,,

    krn udah putus asa dya coba trapi di salah satu trapi swasta,,
    nah,, di kasih obat minum dan te2s mta
    waktu matanya ditetes tu ,ktx rasanya sakit,,
    trus keluar cairan putih pucat,,,
    menurut abank, itu apa??
    berbahaya g??

  12. Rudi says:

    @Lee. Wah….saya terus terang tidak tahu cairan apa yang keluar setelah diobati itu. Mungkin saja kotoran. Tapi jangan berspekulasi, harus ditanya kepada dokter ahli. Banyak sih terapi tradisional/ alternatif. Sejauh ini saya juga belum tahu apakah berhasil atau tidak. Semoga saja Pacar Anda sehat wal afiat dan tetap menikmati kehidupan ini di profesi yang lain. Salam.

  13. nie3 says:

    hureee…dari sekian tes buta warna diatas,,(atas mana?)..loading saya aga telat..maklum warnanya nyampur..Lieurrrrr.. he…

  14. Rudi says:

    @nie3. Selamat ya dah ngetes walau sampai lieurrrrr… Salam.🙂

  15. imam says:

    gak bisA BACA!!!!!!!!!

  16. arya says:

    Mas2 sy bisa lihat angka2 di atas tp kabur sekali… G mn tu buta warna ga?
    Tlong ksi comment… THnks

  17. Rudi says:

    @Imam. Mesti di cek ke dokter mata mas…
    @Arya. Memang kelihatan angka-angka tersebut agak kabur (tidak jelas) hanya membentuk pola angka. Kalau masih bisa melihat dan membedakan warna jelas tidak buta warna. Hanya saja memang buta warna itu ada banyak jenisnya. Coba saja nanti tes kesehatan mata mas, sama ahlinya. Misal pada saat bikin SIM apakah pola angka-angka bisa kebaca nggak? Ok…Selamat di periksa saja ya…

  18. Angga says:

    Mas, sy buta warna parsial. Td mas bilang ternyata ad ya softlense untk pendrita buta warna. Kira2 brapa hargax? Dan di optik mana saja adanya? Makash mas. Salam

    • Rudi says:

      Saran saya diperiksakan dulu ke dokter ahli mata. Semua ini harus pasti dulu karena softlensenya juga ada berbagai jenis. Mengenai harga saya tidak tahu mas, silahkan disurvey dulu saja ditanyakan ke optik terdekat . Mudah-mudahan lancar ya…

  19. oia, slain angka ada lagi gak mas?

    • Rudi says:

      Banyak sih…ada huruf dan gambar. Hanya yang sering dipakai untuk tes misal di kepolisian saat bikin SIM, biasanya ANGKA…

  20. pram widyatmoko says:

    mas cara menghilangkan buta warna itu bagaimana ya??

    • rudi says:

      Untuk menyembuhkan buta warna harus melalui suatu terapi dan penelitian dari dokter ahli mata. Oleh karena itu, coba saja konsultasikan ke dokter ahli mata di kota anda. Ada juga pengobatan alternatif, coba deh kontak pak BUDI, yang sempat berpesan di Blog ini

      “BAGI SAUDARA YG SEKIRANYA ADA MASALAH DENGAN BUTA WARNA DAPAT MENGHUBUNGI PENGOBATAN BUTA WARNA NURHUDA:

      BUDI HARIANTO SH (marketing)
      TELP 081 328 000 838

      KAMI BERPENGALAMAN LEBIH DARI 10 TAHUN….DENGAN TERAPI KHUSUS…… TANPA OBAT”

  21. SUHARJO,SE. says:

    LEBIH DARI 23 TAHUN ” TERAPI SURYA ” MENJADI SOLUSI CEPAT DAN TEPAT MENGOBATI BUTA WARNA. SEGERA HUBUNGI :

    SUHARJO,SE.
    031 8339 0334 / 0856 4806 1945

    ALAMAT PRAKTEK :
    KEBRAON INDAH PERMAI BLOK D NO. 11 ( KANTOR )
    KEBRAON INDAH PERMAI BLOK D NO. 48 ( KLINIK TERAPI )
    KEBRAON INDAH PERMAI BLOK C NO. 52 ( MESS BAGI PASIEN YG DILUAR SURABAYA / PULAU ).

    SAAT INILAH YANG TEPAT UNTUK MERAIH CITA – CITAMU BERSAMA KAMI ” TERAPI SURYA “

    • adi says:

      untuk mas suharjo
      saya tertarik, tpi alamatx itu mas yg aku gk tau
      boleh kasih penjelasan lebih rinci alamatx
      maksudnya dekat dg apa gitcu dan klo dr terminal bungurasih tuh masih jauh bgggt ya

  22. pnkyit buta warna bsa disembuhkan gkk,,,,,n biaya bwt terapi itu sekitar brpa n djminn bsa sembuh gakk,,mohon d jwb,,mkch

  23. Kalau lupa nama warnanya, tapi bisa membedakan warna, apakah itu termasuk buta warna ?

    • Rudi Kurniawan says:

      Kalau tidak dapat menyebutkan/ salah menyebut/ lupa NAMA WARNA tidak termasuk buta warna. Misal warna laut (Biru) dikatakan Hijau dsb.🙂

  24. suharjo,se says:

    UNTUK TERAPI BUTA WARNA DI TERAPI SURYA PASIEN TIDAK MENYEBUT ANGKA MAUPUN JALUR TETAPI PASIEN MENUNJUK ANGKA DAN JALUR DENGAN KATA LAIN PASIEN BENAR – BENAR MELIHAT BUKAN MENGHAFAL ITU YANG TERPENTING DAN ALHAMDULILLAH SELAMA 25 TAHUN INI PASIEN KAMI SEMBUH SECARA PERMANEN

  25. uzi says:

    pak suharjo ,,biaya terapi nya berapa pak ??? dan dijamin sembuh pak ? jika tidak sembuh apa uang bisa kemabali ??? trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s