Typografi

Typografi adalah sebuah seni. Dan adalah sebuah seni yang cukup rumit, apalagi kerumitannya ditambah dengan medium design web yang terbatas.
Huruf di Web dapat dibuat sebagai bagian dari grafik (image), atau dengan cara HTML, atau dengan Style Sheets. 

Dengan cara HTML dan StyleSheet, kadang akan didapakan hasil yang kurang memuaskan atau kurang bagus karena TypeFace (Bentuk Huruf) yang kita gunakan, mungkin tidak akan tersedia di komputer si pengunjung. Jika komputer si pengunjung tidak mempunya Bentuk Huruf yang telah di-set oleh designer web, maka yang akan digunakan adalah tampilan menggunakan Bentuk Huruf alternatif atau Bentuk Huruf standard (default).

Designer dapat menentukan pilihan tentang huruf yang mereka buat secara Grafik (image), dan juga TypeFace umum yang dipakai pada isi text. Begitu banyak bentuk huruf, sampai susah untuk mengatakan berapa banyak bentuk huruf yang ada di dunia ini.

Sehingga agak susah untuk menentukan efek/pengaruh apa yang bisa ditimbulkan kepada pengunjung. Akan tetapi, huruf dibagi dalam beberapa kategori umum, dan biasanya kategori umum ini memiliki gaya tersendiri , seperti pada Tabel Berikut:

 
JENIS.HURUF KETERANGAN CATATAN
Serif
serif font
Jenis huruf (Typefaces) dengan strokes/ekor, dinamakan serifs, menghiasi Jenis Huruf ini. Contoh paling umum adalah Times. Bentuk huruf yang formal. Serif mengekspresikan organisasi dan intelektualitas. Sangat anggun dan konservatif.
Sans-serif
sans-serif font
 
Jenis Huruf yang tidak memiliki stroke/ekor. Ujungnya bisa berbentuk tumpul (rounded corner) atau tajam. Bentuk Huruf Sans-Serif yang paling polular adalah : Helvetica dan Arial Kurang formal, lebih hangat, dan bersahabat. San-Serif biasanya sangat cocok sebagai screen-font (untuk tampilan di layar monitor) karena tajam dan gampang untuk dibaca.
Monospace
monospace font
Setiap huruf yang berjenis Monospace mempunyai jarak/lebar yang sama setiap hurufnya. Huruf W dan I akan mempunyai ruang yang sama.
Contoh huruf monospace adalah Courier.
Huruf pada Mesin Tik juga adalah contoh huruf Monospace.
Berdasarkan pada dasar mesin ketik. Jenis Monospace banyak digunakan oleh programmer untuk coding, dan juga untuk preformatted text. Belakangan ini, bentuk monospace banyak dipakai oleh designer designer yang beraliran “grunge” alternative.
Decorative
decorative font
Bentuk huruf yang sangat rumit designnya. Bentuk huruf ini akan sangat memusingkan jika dipakai sebagai body text, dan hanya cocok untuk dipakai (secara terbatas) untuk Headline. Karena jenis yang banyak, font Decorative bisa membuat efek respon yang berbeda. Jenis Decorative biasanya paling sip digunakan untuk Judul, dan lebih baik jagan digunakan sebagai body text.
Script
script font
Bentuk huruf yang menyerupai tulisan tangan. Jenis huruf ini juga sering di sebut jenis Kursif (Cursive). Memberikan kesan keanggunan, sophistication, dan sentuhan pribadi. Pemakaiannya jangan sampai terlalu banyak (sama seperti Decorative)

Biasanya, designer akan menggunakan beberapa macam style hurup dalam sebuah halaman. Judul dan Point Penting biasanya menggunakan jenis Decoratif dan Scrip, dan isi text hampir selalu harus menggunakan jenis Serif atau San-Serif (atau kadang menggunakan Monospace).

Untuk mempengaruhi pengunjung secara psikologi, bisa dengan penggunaan Jenis Huruf yang sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai dengan penggunaan Warna dan Bentuk.

Misalnya, untuk sebuah situs yang konservatif, lebih baik menggunakan bentuk Serif, San-Serif yang sederhana, dan mungkin jenis Dekoratif yang bersih. Situs yang lebih aktif bisa menggunakan jenis Dekoratif yang lebih rumit, dan juga Monospace.

Sumber : http://www.toekangweb.or.id/07-tips-bentukwarna3.html

Related links : 

Builder.com, “Teriffic Type Tips”
Dmitry Design Labs , “Typografi”
Acid Lion’s Design Lessons
Yale /CAIM Web Style Guide, Chapter Typografi
StudioMotiv CounterSpace

 

About Rudi Kurniawan

Knowledge is power, but character is more.
This entry was posted in Multimedia. Bookmark the permalink.

2 Responses to Typografi

  1. tian says:

    saya minta tolong dong cariin jenis font yang tepat di Microsoft word untuk huruf lepas dan sambung yang sesuai Keputusan DirJen DikDasMen DEPDIKBUD nO. 094/C/Kep/I.83, tanggal 7 Juni 1983 & Penegasan Ukuran Tulisan Tangan No. 0521/C2/U.88, tanggal 27 Juni 1988 ke e-mail saya saja.
    Terimakasih banyak,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  2. Rudi says:

    Ibu Tian. Wah…saya baru tahu ada SK mengenai ukuran dan bentuk tulisan tangan.
    Setelah saya lihat di contoh buku-buku belajar menulis, huruf cetak (pisah) menggunakan font jenis Arial dan huruf sambungnya menggunakan font French Script MT. Nanti saya kirim koleksi font script saya ke Ibu. Atau kalau mau cari sendiri bisa mengakses situs http://www.free-fonts.com/script_fonts.html atau http://www.myfonts.com/browse/category/myfonts/script/
    Demikian dulu. Salam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s